Ketemu Gibran di Solo, Sandiaga Uno Ngobrol Bahas Pilgub DKI Jakarta

Dilakukan disela-se kunjungan kerja Sandiaga Uno

Surakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno melakukan kunjungan kerja di Kota Solo, Jawa Tengah. Ia bahkan sempat satu mobil dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Selama perjalanan, ada hal yang dibahas secara mendalam antara mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

1. Sempat singung urusan politik

Ketemu Gibran di Solo, Sandiaga Uno Ngobrol Bahas Pilgub DKI JakartaGibran Rakabuming bertemu Sandiaga Uno. Dok/Humas Pemkot Solo

Sandiaga mengatakan dalam perjalanan di dalam mobil tersebut ia bersama putra sulung Presiden Joko Widodo sempat menbicarakan mengenai pencalonan Gibran menjadi Gubernur DKI Jakarta (DKI 1).

"(DKI 1) sempet juga ngobrol, beliau (Gibran) menyampaikan fokus di Solo," ujar Sandiaga usai mengunjungi Museum Batik Danarhadi, Sabtu (9/10/2021).

Sandi juga mengatakan, bahwa selama perjalanan tersebut pembahasan lain yakni terkait pemulihan ekonomi di masa pandemi. Dia melihat ada satu sinyal kebangkitan yang harus dimanfaatkan dan dilakukan dengan sangat berhati-hati.

"Saya melihat ada satu sinyal kebangkitan ekonomi tapi harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian, kami saling bertukar pikiran, data bahwa Solo sangat bergantung pada pariwisata dan ekonomi kreatif," pungkas Sandiaga Uno.

2. Wanti-wanti Gibran soal tawaran politik

Ketemu Gibran di Solo, Sandiaga Uno Ngobrol Bahas Pilgub DKI JakartaSandiaga Uno. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Lebih lanjut, Sandi mengatakan jika tawaran tersebut biasa terjadi, terlebih bagi pemimpim yang dinilai memiliki integritas tinggi. Kendati demikian Sandi meminta Gibran harus dipikirkan dengan sangat matang.

"Saya juga sampaikan memang salah satu tantangannya jika baru bertugas itu tawaran-tawaran pasti banyak yang datang. Saya sampaikan beliau bahwa ini dibentuk oleh aspirasi masyarakat, aspirasi pembicaraan publik," kata dia.

Sandi menambahkan, "Tentunya apa yang akan diputuskan oleh beliau harus dipikirkan secara matang-matang, tentunya nanti apa yang akan diputuskan harus berpihak kepada rakyat. Berpihak kepada pemulihan ekonomi."

3. Gibran tanggapi santai

Ketemu Gibran di Solo, Sandiaga Uno Ngobrol Bahas Pilgub DKI JakartaWalikota Solo, Gibran Rakabuming. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Gibran Rakabuming justru menepis tanggapan tersebut. Ia tak menjelaskan secara gamblang terkait pertemuan tersebut. Namun demikian, Gibran tetap menjawab jika dirinya tetap fokus mengerjakan tugas di Solo.

"Ndak bahas apa-apa kok, saya tetap fokus di Solo aja," ungkapnya.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya