Layaknya Kafe, Ganjar Mau SMA Tawangmangu Punya Konsep Futuristik 

Ganjar tinjau lokasi baru SMA Tawangmangu

Karanganyar, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sidak lokasi yang akan dijadikan lahan SMA Tawangmangu, Selasa (1/9/20). Pemprov Jateng berencana akan membangun SMA di kawasan tersebut, lantaran banyak warga yang mengeluh di lokasi pegunungan tersebut tidak memiliki SMA.

Ganjar mengharapkan sekolah tersebut berkonsep futuristik, yang tidak melulu berupa ruang-ruang kotak, tapi layaknya taman atau kafe yang nyaman buat tongkrong.

Baca Juga: Libur Lebaran, Gubernur Ganjar Kunjungi Guru Semasa SD di Tawangmangu

1. Berkonsep futuristik

Layaknya Kafe, Ganjar Mau SMA Tawangmangu Punya Konsep Futuristik Ganjar saat memberi pernyataan terkait perkembangan penularan COVID-19. Dok Humas Pemprov Jateng

Ganjar pun berharap kelak SMA Negeri Tawangmangu itu memiliki konsep bangunan yang futuristik. Kalau bisa ada beberapa lantai yang bisa digunakan sebagai ruang kelas, labotatorium dan juga ruang pengembangan diri.

"Saya pengin sih agar anak-anak nyaman belajar di sini. Kalau perlu seperti taman atau cafe. Nanti kita tanyakan atau kalau perlu kita lombakan agar para arsitek bisa mendesain dengan baik," katanya.

2. Tawangmangu belum punya SMA

Layaknya Kafe, Ganjar Mau SMA Tawangmangu Punya Konsep Futuristik Ilustrasi kegiatan belajar mengajar siswa SMA. IDN Times/Ervan Masbanjar

Sebagaimana diketahui, di Tawangmangu memang belum satupun SMA negeri berdiri. Maka ketika pendaftaran SMA menerapkan sistem zonasi, orangtua yang anaknya lulus SMP langsung mengadu ke Ganjar. Keputusan praktis pun langsung diambil Ganjar dengan membuka kelas jarak jauh. Dan akan dibangun sekolah di tahun selanjutnya.

"Ini adalah angkatan pertama sekolah jarak jauh di Tawangmangu Karanganyar. Yang saat rekrutmen zonasi di sini tidak ada sekolah negeri. Jadi anak-anak sini tidak ada yang sekolah di SMA negeri," kata Ganjar.

Sekarang, kata Ganjar, kita coba dengan sangat cepat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan membuat sekolah jarak jauh di sini yang menginduk di SMA Karangpandan.

"Kita mulai dari sini harapannya tahun depan kita bangun. Kalau kemudian sekolah ini didekatkan dengan kondisi lingkungannya, pertanian di sini bagus, orang bicara tanaman obat-obatan di dekat sini ada," kata Ganjar.

3. Lokasi SMA dekat wisata Grojokan Sewu

Layaknya Kafe, Ganjar Mau SMA Tawangmangu Punya Konsep Futuristik instagram.com/ahmadrifai_1234

SMA tersebut nantinya akan dibangun di lahan milik Dinas Pertanian Jateng yang berada di Jalan Grojogan Sewu, Beji Tawangmangu. Lokasi tersebut dekat dengan objek wisata air terjun Grojogan Sewu.

"Ini kita sedang memilih lokasi yang bagus yang paling strategis dan nyaman untuk belajar. Jika lahan ini sangat eksotis, di depannya langsung kita bisa melihat Gunung Lawu," ucapnya.

Dengan adanya SMA ini, diharapkan para siswa bisa sekaligus belajar soal pertanian, tanaman obat-obatan yang banyak di tanam di kawasan Tawangmangu.

Baca Juga: Ganjar Larang Bioskop Beroperasi di Jawa Tengah, COVID-19 Masih Tinggi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya