Lelah Berkonflik, Para Sentono Keraton Solo Ingin Keluarga Raja Rukun

Berharap Sinuhun PB XIII merangkul kembali semua anaknya.

Surakarta, IDN Times - Para Sentono Dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengaku sudah lelah dengan masalah ketidakharmonisan keluarga Sinuhun Pakoe Buwono (PB) XIII Hangabehi saat ini. Para Sentono Dalem tersebut berharap anak-anak raja dalan hidup rukun.

Baca Juga: Peringati Hari Tari, Keraton Solo Tampilkan 2 Tarian PB X

1. Punya enam anak dari istri sebelumnya.

Lelah Berkonflik, Para Sentono Keraton Solo Ingin Keluarga Raja RukunPutra Putri PB XIII Keraton Kasunanan Surakarta. (IDN Times/Larasati Rey)

Salah satu Sentono Dalem Keraton Kasunanan Surakarta, Bendoro Raden Mas (BRM) Nugroho Iman Santoso, mengaku prihatin dengan kondisi Keraton Kasunanan Surakarta saat ini, terutama dengan nasib para anak-anak raja yang sepertinya tidak rukun satu sama lain.

Ia mengatakan jika sebelumnya Sinuhun PB XIII memiliki enam anak lainnya yang berasal dari istri- istri sebelumnya. Bahkan hingga saat ini keenam anak Sinuhun tersebut justru tinggal di luar Keraton Kasunanan Surakarta.

Pada pernikahan pertama, Sinuhun PB XIII mempersunting Kanjeng Raden Ayu (KRAy) Nuk Kusumamingdyah. Dari pernikahan tersebut dikaruniai tiga orang anak wanita yakni, GKR Timoer Rumbai Kusuma Dewayani, GRAy Devi Lelyana Dewi, GRAy Dewi Ratih Widyasari.

Sedangkan istri kedua dengan Raden Ayu (RAy) Winari Sri Haryani dianugerahi tiga orang anak yakni 1. GRAy Sugih Oceania, KGPH Mangkubumi, dan GRAy Putri Purnaningrum. Namun seiring berjalannya waktu anak sulung yakni GRAy Sugih Oceania dari pasangan tersebut meninggal dunia.

2. Berawal dari baliho.

Lelah Berkonflik, Para Sentono Keraton Solo Ingin Keluarga Raja RukunBaliho dari Keraton Kasuanan Surakarta. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Nugroho mengatakan jika keprihatinan tersebut berawal dari adanya baliho ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang terpasang di beberapa sudut Keraton Kasunanan Surakarta. Dimana menurut Nugroho, baliho tersebut hanya menampilkan Sinuhun PB XIII beserta keluarga raja saat ini, tanpa adanya anak- anak PB XIII sebelumnya.

Menurut Nugroho, adanya baliho tersebut justru menjadi keprihatinan para Sentono Dalem, dimana tidak ada lima anak Sinuhun PB XIII terlihat berfoto bersama, bahkan lima anak Sinuhun PB XIII yang masih hidup saat ini justru terasing dan tinggal di luar Keraton Kasunanan Surakarta.

"Saya cukup kaget dengan adanya tampilan foto atau gambar. Isi dari baliho itu masih kurang karena apa, karena masih dirasa ada yang tertinggal atau tidak diikut sertakan," jelasnya, Rabu (4/05/2022).

3. Meminta Sinuhun PB XIII bersikap bijak.

Lelah Berkonflik, Para Sentono Keraton Solo Ingin Keluarga Raja RukunRaja Solo PB XIII bagikan sembako kepada abdi dalem. (IDN Times/Larasati Rey)

Meski sudah mengetahui kondisi keraton saat ini, namun menurut Nugroho justru para Sentono Dalem tersebut berharap kepada Sinuhun PB XIII untuk berlaku bijak. Terlebih saat ini momentum Hari Raya Idul Fitri

"Mengingat dan apalagi hari ini masih pada suasana lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, kita berharap di hari yang baik tersebut bisa merangkul semuanya," jelas cucu dari PB XI tersebut.

Meski demikian, Nugroho meyakini jika isi foto dalam baliho tersebut bukan berasal dari ide PB XIII. lantaran selama sentono melihat selama ini sinuhun adalah orang yang bijak dan cinta sayang dengan keluarga.

"Sinuhun sendiri itu adalah sosok yang bijak dan sangat menyayangi keluarganya terutama pada anak-anaknya. Sehingga kalau ada yang tertinggal, saya yakin bukan niat sinuhun tapi perangkatnya," ungkapnya.

Ira berharap kepada Sinuhun PB XIII untuk bisa merangkul kembali para putra-putrinya kembali, dan hidup rukun di dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

"Mudah-mudahan ke depan kembali merangkul pada putra-putrinya. Kemudian mereka ditempatkan di posisi yang semestinya," pungkasnya.

Baca Juga: Profil Putra Mahkota Raja Baru Keraton Solo: 21 Tahun, Jago Dalang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya