Munas HIPMI: Sambutan Menteri Bahlil Soal Capres Bikin Jokowi Tertawa

Puji Puan Maharani, Ganjar Pranowo hingga Erick Thohir

Surakarta, IDN Times - Menteri Investasi sekaligus Ketua Dewan Pembina Hipmi Bahlil Lahadalia membuat geger seluruh peserta Musyawarah Nasional Ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Solo.

Dalam pidato pembukanya Bahlil sempat melakukan memuji hingga melontarkan candaan hingga membuat Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan para perserta Munas tertawa.

Munas tersebut dihadiri oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, hingga Wali Kota Medan yang juga kader Hipmi Bobby Nasution.

Baca Juga: Cek Sembako di Pasar Colomadu, Jokowi Kaget Harga Minyak Goreng Naik

1. Tunggu deklarasi Puan Maharani.

Munas HIPMI: Sambutan Menteri Bahlil Soal Capres Bikin Jokowi TertawaMenteri Investasi Bahlil Lahadalia dalam pembukaan Munas HIPMI. ( IDN Times/Larasati Rey)

Dalam sambutannya, Bahlil menyambut Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai politikus yang memiliki karier panjang. Tak hanya itu, Bahlil mengatakan jika Puan merupakan calon presiden dan ditunggu deklarasinya.

"Ini Mbak Puan ini perempuan anak muda yang punya karier politik yang tidak perlu diragukan, siapa yang bisa membantah ada tokoh wanita di Republik Indonesia yang usia sama dengan dengan Mbak Puan yang pernah berproses di DPR, pernah menjadi Menko PMK, dan kemudian menjadi Ketua DPR dan punya partai, aku mau nanya, siapa?" ujar Bahlil.

Bahlil mengatakan Puan mengawali berkarier di DPR hingga pemerintah. Ia kemudian menyebut bahwa Puan merupakan satu-satunya calon presiden yang sudah mempunyai tiket.

"Dan satu-satunya capres yang sudah punya tiket partai hanya Mbak Puan. Cuma ada masalah, ciri anak muda itu kan harus punya keberanian, kita tunggu kapan deklarasinya," ujar Bahlil sambil tersenyum lebar.

2. Berikan pujian kepada Ganjar.

Munas HIPMI: Sambutan Menteri Bahlil Soal Capres Bikin Jokowi TertawaGanjar Pranowo dan Puan Maharani dalam pembukaan HIPMI XVII di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Tak hanya Puan yang disinggung, dalam kesempatan tersebut Bahlil juga menyapa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia mengatakan jika Ganjar terlihat cerah.

"Lebih khusus yang saya hormati saya muliakan, Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo hari ini wajahnya cerah Pak, karena di Jakarta lagi gelap di Batang, Jawa Tengah, lagi cerah cuacanya, berikan applause kepada Pak Gubernur," ujarnya.

Bahlil juga menyinggung warna masker Ganjar yang selalu mengenakan masker merah putih. "Udah maskernya masih merah putih, Pak. Jadi jelas barang ini," canda Bahlil.

Tak hanya itu, Bahlil juga menyebutkan adanya dua sosok kandidat capres di acara Munas HIPMI membuatnya gemetar. Ia kemudian memuji kebersamaan Ganjar dan Puan yang terlihat di beberapa acara di Kota Solo.

"Hari ini, Bapak Presiden, saya gemetar saya. Ada dua soalnya, Mbak Puan sama Pak Ganjar," katanya.

"Tapi tadi, Pak, saya lihat Pak Ganjar sama Mbak Puan jalan berbarengan. (Pak Ganjar) menjemput Mbak Puan. Insyaallah, kalau saya tidak salah, satu mobil, Pak. Saya bilang kemesraan ini janganlah cepat berlalu," tutup Bahlil disambut dengan tepuk tangan peserta Munas.

3. Singgung Erick Thohir saingan Sandiaga Uno.

Munas HIPMI: Sambutan Menteri Bahlil Soal Capres Bikin Jokowi TertawaPembukaan Munas HIPMI XVII di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Kelakar Bahlil tak sampai disitu, Bahlil pun juga menyinggung Menteri BUMN Erick Thohir yang juga hadir di acara tersebut. Ia menyebut Erick masih memiliki harapan untuk menjadi cawapres.

"Pak Erick ini juga capres, atau cawapres, Pak Erick? Cuma partainya masih so so-lah kira-kira begitu. Tapi saya lihat ada secercah harapanlah begitu ke sana. Kita berikan applause kepada Bang Erick," kata Bahlil.

Lebih lanjut di kesempatan tersebut, Bahlil juga menyinggung Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, yang tidak hadir dalam pembukaan Munas Hipmi XVII tersebut. Bahlil berkelakar jika Sandiaga takut popularitasnya jatuh karena adanya Erick diacara yang sama.

"Pak Erick ini, Pak Presiden, Ketua BPP Hipmi di zaman Pak Sandi. Hari ini mungkin Pak Sandi ndak datang karena takut popularitasnya jatuh dari Pak Erick," canda Bahlil disambut tawa hadirin.

Baca Juga: Dihadapan Puan dan Ganjar, Jokowi Ingatkan Jaga Politik Tetap Adem

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya