Nataru, Penumpang Terminal Tirtonadi Solo Diprediksi Naik 50 Persen

15.000 penumpang pada momen Natal dan Tahun Baru 2020

Solo, IDN Times - Moment Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020, Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah memprediksi adanya kenaikan jumlah penumpang hingga 50 persen bila dibandingkan dengan hari biasanya.

Baca Juga: Sambut Natal, Ribuan Umat Kristiani Salatiga Pawai Bertopi Sinterklas

1. Kenaikan penumpang menjadi 15.000 penumpang selama Natal dan Tahun Baru 2020

Nataru, Penumpang Terminal Tirtonadi Solo Diprediksi Naik 50 PersenIDN Times/Larasati Rey

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto mengatakan moment libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 ini betepatan dengan libur sekolah. Jumlah penumpang perharinya sekitar 10.000 penumpang , diperkirakan akan naik menjadi 15.000 penumpang. 

“Kalau hari biasa itu ada sekitar 10.000 sampai 12.000 penumpang, kita prediksi kenaikan penumpang di libur Natal dan tahun baru ini sekitar 20 hingga 50 persen,” ujarnya saat ditemui di Terminal Tirtonadi Solo, Senin (16/12).

2. Siapkan posko keamanan yang dijaga selama 24 jam

Nataru, Penumpang Terminal Tirtonadi Solo Diprediksi Naik 50 PersenIDN Times/Larasati Rey

Untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Terminal Tirtonadi bekerjasama dengan Polresta Surakarta untuk membangun posko keamanan di dalam terminal. Posko tersebut akan ditempatkan petugas jaga selama 24 jam non stop. 

“Seperti pada mudik Lebaran yang lalu kita bersama pihak kepolisian akan bekerjasama menciptakan keamanan di sekitar area terminal,”ungkapnya. 

Khusus di Terminal Tirtonadi sendiri ada persiapan-persiapan seperti penambahan jumlah personil mencapai 120 orang. Sejumalah fasilitas penumpang telah disiapkan kawasan antara jemput penumpang, ruang tunggu, fasilitas kesehatan, tempat ibadah, dan ruang menyusui.

3. Puncak arus pemudik Natal dan Tahun Baru 2020 pada H-1

Nataru, Penumpang Terminal Tirtonadi Solo Diprediksi Naik 50 PersenIDN Times/Larasati Rey

Lebih lanjut Joko mengatakan puncak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di Terminal Tirtonadi Solo diperkirakan berlangsung pada Sabtu-Minggu (21-22/12. Pada H-1 yakni tanggal 24 Desember penumpang akan naik hingga mencapai 100 persen.

Untuk mengantisipasi kenyamanan berkendara, petugas Terminal Tirtonadi akan melakukan pengecekan rutin armada bus yang akan mengangkut penumpang. Pengecekan dilakukan untuk melihat layakan bus yang digunakan.

“Kami juga akan melakukan ram check secara berkala pada armada dan juga pengecekan kesehatan sopir,” imbuhnya.


Pengecekkan kesehatan pengemudi rencananya akan dilakukan pada tanggal 18 Desember mendatang.

Baca Juga: Natal dan Tahun Baru 2020 Kementerian PUPR Bentuk Tim Siaga di Pantura

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya