Ngaku Malu! Gibran Pecat Pegawai Terminal yang Viral Lakukan Pungli 

Gibran mengaku malu atas kejadian tersebut.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka langsung memecat oknum yang ketahuan melakukan pungli di Terminal Tirtonadi, Solo.

Pungli tersebut viral, setelah adanya video yang merekam dugaan aksi pungutan liar (pungli) di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo viral di media sosial TikTok.

1. Aksi pungli viral di Tik Tok

Ngaku Malu! Gibran Pecat Pegawai Terminal yang Viral Lakukan Pungli Oknum petugas Terminal Tirtonadi viral karna lakukan pungli. (Istimewa)

Aksi viral tersebut dikedapati viral di media tiktok. Dimana terdapat seorang pria berseragam petugas terminal diduga menerima 'salam tempel' dari seseorang.

Video yang direkam dari atas bus tersebut diunggah akun TikTok @ingat nafas. Tampak seorang petugas sedang mengecek surat-surat bersama pria berkaus ungu.
Diketahui video diambil bulan Mei 2022 dan diunggah empat hari yang lalu.

Pria tersebut nampak menyerahkan sesuatu di bawah map yang sedang dicek oleh petugas. Kemudian tangan petugas itu menyambut tangan pria berkaus ungu. Pengunggah juga mencolek akun Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Ganjar Pranowo pada keterangan unggahannya.

2. Langsung dipecat oleh Gibran.

Ngaku Malu! Gibran Pecat Pegawai Terminal yang Viral Lakukan Pungli Walikota Solo, Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Menanggapi aksi pungli tersebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah melakukan langkah tegas yakni pemecatan terhadap oknum pungli tersebut. Meski bukan wilayah dinasnya, Gibran mengaku jika peristiwa tersebut terjadi di Kota Solo.

Gibran bahkan tak menolerir aksi pungli di wilayahnya. Ia akan menindak tegas oknum yang menyalahi aturan.

"Salah yo salah, ra sah kakean alesan (tidak usah banyak alasan)," tegasnya.

Gibran bahkan merasa malu atas kejadian tersebut. "Ya malu, dikiranya orang saya. Tapi gakpapa sudah ada tindakan seperti itu, tindakan tegas. Warga yang melihat kejadian seperti itu di laporkan aja, jangan takut untuk mefoto atau video," pungkasnya.

3. Oknum baru bekerja 1 tahun.

Ngaku Malu! Gibran Pecat Pegawai Terminal yang Viral Lakukan Pungli Terminal Tirtonadi Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jateng dan DIY, Eko Agus Susanto mengatakan jika kejadian tersebut sudah berlangsung sekitar satu bulan lalu, dan oknum tersebut merupakan pegawai tenaga kontrak.

Eko mengaku kejadian tersebut diketahuinya setelah baru viral di media sosial. Oknum tersebut dijelaskannya juga baru bekerja selama 1 tahun.

"Baru 1 tahun yang lalu, karena baru di Tirtonadi 1 tahun. Saya juga baru ngerti sejak viral itu, walaupun itu kejadiannya bulan Mei," katanya.

Lebih lanjut, Eko mengatakan jika sesuai peraturan dirjen perhubungan darat Surat Keputusan (SK) pemberhentian telah dikeluarkan Rabu, (29/06/2022) kemarin. Namun baru diserahkan pagi ini.

"SK baru perkemarin, hari ini diserahkan pak Joko Sutriyanto. Kemarinkan sore, jadi mungkin pak Joko Sutriyanto baru bisa nyerahkan pagi ini," imbuhnya.

Semenjak kejadian tersebut, Eko lalu menghimbau kepada para petugas agar lebih berhati-hati dan memiliki kewaspadaan lebih tinggi.

Baca Juga: Tanpa Antre dan Parkir, Bayar Pajak Daerah di Solo Bisa Lewat Drive-Thru ETP

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya