Pemkot Solo Bakal Beri HP Baru Gratis Ke Siswa

Sebanyak 1.500 siswa masuk kategori miskin

Solo, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana membagikan handphone (HP) baru secara gratis bagi murid sekolah yang belum memiliki gadget tersebut.

Baca Juga: Pandemik COVID-19, Bayar Denda Tilang di Solo Bisa Lewat Kantor Pos

1. Banyak mendapat keluhan dari masyarakat

Pemkot Solo Bakal Beri HP Baru Gratis Ke SiswaPixabay.com/stokpic

Pria yang akrab disapa Rudy tersebut mengaku banyak mendapat keluahan dari masyarakat terkait kesulitan belajar daring dari siswa yang tidak mampu di Kota Solo.

"Selama ini banyak anak-anak yang meminta, bukan orang tuanya. Bahkan anaknya sendiri yang lapor minta ke saya untuk dibelikan HP buat belajar," ujar Rudy, Sabtu (15/8/2020).

Dengan pemberian bantuan HP secara gratis tersebut dinilai Rudy akan membantu anak-anak untuk mengikuti pelajaran secara daring, terlebih saat ini kegiatan belajar mengajar (KBM) di Kota Solo belum dimulai, lantaran masih pandemi COVID-19.

2. Ada 1.500 anak di Solo tergolong anak miskin

Pemkot Solo Bakal Beri HP Baru Gratis Ke SiswaNur Rohim bersama anak didiknya di SMP Satap Lesten Gayo Lues, Aceh (Dok.Pribadi/Nur Rohim)

Berdasarkan data, tercatat ada 1.500 anak di Kota Solo tergolong sebagai anak miskin. Rudy mengungkapkan dari jumlah tersebut tidak semuanya akan mendapat bantuan HP gratis dari Pemkot. Namun, hanya anak yang dikatagorikan benar-benar miskin baru akan mendapat bantuan.

"Saya akan benar-benar lihat rumahnya seperti apa. Kalau perlu saya lihat orang tuanya punya HP atau tidak. Kalau orang tuanya punya, ya ngalah dulu tidak usah WA-nan ( aplikasi perpesanan Whatsapp.red)," jelasnya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, hingga Badan Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPPKAD) guna melakuan penyaringan bagi para siswa yang tidak memiliki HP.

3. Anggaran berasal dari CSR

Pemkot Solo Bakal Beri HP Baru Gratis Ke Siswagoogle street view

Untuk pengadaan HP baru tersebut, Pemkot akan menggunakan anggaran dari bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR). Menurut Rudy, sudah terdapat beberapa pihak yang bersedia untuk membantu pengadaaan HP baru bagi siswa di Kota Solo.

Rencananya bantuan CSR tersebut diberikan dalam bentuk barang dalam hal ini HP, dan langsung diberikan kepada siswa bersangkutan. "Saya lebih baik diberikan langsung barang bukan uang," pungkasnya.

Baca Juga: Kasus Intoleran di Pasar Kliwon, Wali Kota Solo: Usut Tuntas Pelaku

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya