Klaster Manahan Solo Muncul, Diduga Ada Polisi Meninggal Kena COVID-19

Bukti bahwa virus corona tak pandang profesi!

Surakarta, IDN Times - Kabar seorang warga di Asrama Polisi (Aspol) Manahan Solo yang meninggal dunia akibat virus corona (COVID-19) mendadak jadi viral di Surakarta, Jawa Tengah. Kabar itu juga menginformasikan jika beberapa tetangga warga yang meninggal menjalani swab test yang dilakukan massal di lokasi tersebut.

1. Viral kabar anggota polisi meninggal akibat COVID-19 di Solo

Klaster Manahan Solo Muncul, Diduga Ada Polisi Meninggal Kena COVID-19Dok. IDN Times/bt

"Sekilas info: Dari 18 kasus baru Covid di Solo, 12 kasus ada di Aspol Manahan. Katanya 4 hari yang lalu ada anggota polisi Aspol yang meninggal karena Covid, kemudian hari ini tetangganya pada dijemput dan positif semua."

Seperti itu informasi yang menyebar melalui percakapan atau chatting di kalangan warga Solo, Jawa Tengah. Lebih dari itu, broadcast soal imbauan untuk menghindari kawasan Asrama Polisi (Aspol) Manahan, Surakarta dan warung makan sekitarnya juga viral.

"Polresta Manahan di Lockdown, jadi cluster baru. Ayo lebih berhati2. Info dr Pak Lurah Manahan. Mohon hindari warung & hik dekat SMA 4 & STM 1. Yang di jemput 13 orang Kluster manahan." 

Baca Juga: Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan di Solo Ada Denda Rp100 Ribu 

2. Akses jalan menuju Aspol Manahan Solo ditutup

Klaster Manahan Solo Muncul, Diduga Ada Polisi Meninggal Kena COVID-19Dok. IDN Times/bt

Tak hanya itu, terdapat pesan berantai yang menginformasikan adanya penutupan akses jalan menuju Aspol Surakarta. Sejumlah polisi juga tampak mengenakan masker dan face shield berjaga di kawasan itu.

Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani membenarkan informasi tersebut. Namun ia enggan menyebutkan secara spesifik lokasi munculnya lonjakan kasus positif COVID-19 yang terjadi di Surakarta.

Mengacu data dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, pada Senin (31/8/20) jumlah lonjakan kasus di Kota Solo mencapai 18 kasus. Kasus terbanyak ditemukan di Keluarahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, yang menyumbang 13 kasus positif COVID-19. Mereka diduga tertular dari pasien ke-15 yang meninggal dunia di Aspol Surakarta.

3. Ke-13 pasien baru virus corona di Solo menjalani isolasi mandiri

Klaster Manahan Solo Muncul, Diduga Ada Polisi Meninggal Kena COVID-19Website

Informasi yang dihimpun IDN Times, Pasien tersebut adalah diduga seorang polisi. Ia menjadi pasien termuda karena berusia 34 tahun.

Ia meninggal dunia pada Kamis (27/8/2020) lantaran terpapar COVID-19 di Kota Solo dan juga sempat dirawat di rumah sakit. Ditambah mempunyai penyakit penyerta atau komorbid berupa jantung hipertensi (Hypertensive Heart Disease/HHD).

Adapun ke-13 orang yang positif virus corona di Manahan tengah menjalani karantina mandiri karena mereka masuk dalam Orang Tanpa Gejala atau OTG.

"Seluruhnya menjalani karantina mandiri di rumah," ujar Ahyani, Kamis (3/9/2020).

Sementara itu, hingga saat ini IDN Times masih menunggu keterangan resmi dari kepolisian setempat perihal tersebut.

Baca Juga: Dalam Sehari Jumlah Positif COVID-19 di Solo Bertambah 18 Orang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya