Purnomo Positif COVID-19, Wali Kota Solo dan Puluhan Wartawan Tes Swab

Lakukan kontak dekat dengan Purnomo saat wawancara.

Solo, IDN Times - Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Solo langsung melakukan penulusuran atau tracing terhadap orang yang melakukan kontak dekat dan kontak erat dengan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo yang terfirmasi positif COVID-19.

Baca Juga: Sebelum Positif Corona, Purnomo Bertemu Jokowi dan Rapat dengan OJK

1. Puluhan awak media jalani swab

Purnomo Positif COVID-19, Wali Kota Solo dan Puluhan Wartawan Tes SwabIDN Times/Larasati Rey

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan tracing yakni melakukan swab secara Reverse- Transcriotase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) kepada puluhan wartawan yang melakukan kontak dekat dalam hal ini wawancara dengan Achmad Purnomo dalam tiga hari ke belakang.

"Diutamakan yang pernah berkontak di ruang tertutup dan ber-AC minimal 10 menit," ujar wanita yang akrab disapa Ning tersebut, Jumat (17/7/2020).

Selain uji swab, Presiden Joko Widodo juga memberikan bantuan berupa rapid test kepada sekitar 50-an wartawan di Kota Solo. Rapid test tersebut digelar secara bergiliran agar tidak menimbulkan kerumunan.

2. Salah seorang wartawan mengaku takut

Purnomo Positif COVID-19, Wali Kota Solo dan Puluhan Wartawan Tes SwabPelaksanaan tes swab massal pedagang Pasar Muara Rapak Balikpapan. IDN Times/Hilmansyah

Salah seorang wartawan yang tak ingin disebutkan namanya mengaku takut setelah mengetahui Purnomo dinyatakan positif COVID-19. Pasalnya pada hari Senin (20/7/2020) lalu ia bersama beberapa awak media lain melakukan wawancara tatap muka bersama Purnomo di ruang Wakil Wali Kota Solo, Kompleks Balaikota Solo.

"Ketemu Senin, ya ini takut nangis. Soalnya tadi badan panas dan pusing juga," ungkap wartawan yang bekerja di media lokal Solo tersebut.

Pasca adanya info tersebut, dengan kesadaran diri ia melakukan karantina mandiri di rumahnya.

3. Pejabat dan DPRD Solo ikut diuji swab

Purnomo Positif COVID-19, Wali Kota Solo dan Puluhan Wartawan Tes SwabRapat Penanganan COVID-19 yang dipimpin oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.Dok. Humas Pemkot Solo

Sementara itu, Ketua Pelaksana Gugus Tugas COVID-19 SOlo, Ahyani mengatakan uji swab juga akan dilakukan oleh para pejabat dan anggota DPRD Solo.

"Ajudan, staf, dan sopir Wakil Walikota juga termasuk. Utamanya, yang satu gedung dengan beliau, termasuk saya dan Pak Walikota (FX. Hadi Rudyatmo)," ujarnya.

Ahyani mengatakan jika tracing juga dilakukan bagi orang yang melakukan kontak sosial dan kontak bisnis dengan Purnomo. Mengingat Purnomo adalah orang tak berhenti berkegiatan.

"Sepertinya, Pak Wakil masuk asimtomatik (tanpa gejala). Doakan semoga lekas sembuh," imbuhnya.

Baca Juga: 2 Kali Tes, Achmad Purnomo Positif COVID-19, Tak Merasakan Gejala

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya