Relawan Anies Baswedan Deklarasikan Posko Kemenangan di Solo

Targetkan 18 ribu suara di kandang banteng.

Surakarta, IDN Times - Relawan pendukung Anies Baswedan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera melakukan deklarasi dan pembukaan posko kemenangan yang berlokasi di Laweyan, Solo, Jawa Tengah.

Deklarasi tersebut menyebutkan dukungan para relawan untuk senantiasa mendukung Anies Baswedan sebagai Presiden 2024 mendatang.

Baca Juga: Jadwal Porseni NU di Solo, Dihadiri Presiden Jokowi dan Ribuan Santri 

1. Posko Anies sudah tersebar di 35 kota/kabupaten di Jateng.

Relawan Anies Baswedan Deklarasikan Posko Kemenangan di SoloRelawan Anies Baswedan di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Presidium Dewan Pimpinan Pusat sekaligus Koordinator Jawa Tengah Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) Joko Sapto Widodo mengatakan pendirian posko kemenganan Anies ini sudah tersebar di 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Ia mengaku jika Jawa Tengah merupakan kandang banteng khususnya di Kota Solo.

”Kandang banteng ini menurut saya hanya permainan psikologis. Sebab berbeda jika mereka bermain dengan angka,” ujarnya Minggu (15/1/2023)

2. Optimis menang di kandang banteng.

Relawan Anies Baswedan Deklarasikan Posko Kemenangan di SoloPutra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Joko menjelaskan, jika merujuk pada perolehan kursi di tingkat DPD Jawa Tengah, PDIP hanya memperoleh 34 persen. Sedangkan perolehan kursi di tingkat kabupaten atau kota, rata-rata di Jawa Tengah hanya memperoleh 29 persen. Menurutnya masih banyak peluang bagi pesaing dari PDIP untuk memperoleh suara di Jawa Tengah.

”Ini faktual dan tidak bisa dibantah. Jadi tidak bisa dikatakan dominan. Sebab mereka mungkin bisa memenangkan gubernur, tapi tidak bisa membuat perda,” katanya.

”Semua masih 50:50, semua bisa kalah, semua bisa menang. Makanya supaya bisa menang, harus bisa menyusun strategi dan barisan yang disusun bisa tepat,” imbuhnya.

Kandang banteng merupakan istilah untuk para pendukung dan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Selama ini partai tersebut telah memiliki kandidat kader yang namanya santer diperdengarkan.

3. Targetkan 18 ribu suara untuk Anies Baswedan.

Relawan Anies Baswedan Deklarasikan Posko Kemenangan di SoloRelawan Anies Baswedan di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu Ketua DPD Anies Kota Solo, Abi Ibrahim berharap tahun 2024 mendatang pemilu berjalan dengan kondusif. Ia menargetkan sebanyak 14 ribu hingga 18 ribu suara di Kota Solo untuk Anies Baswedan.

"Kandang banteng gak apa-apa. namanya juga pertempuran. Kami akan berusaha dari kandang banteng jadi kandangnya Anies Baswedan,” jelasnya.

Selain DPD Anies Kota Solo, ada pula simpul-simpul lainnya yang mendukung Anies Baswedan terpilih menjadi Presiden 2024 mendatang. ”Ada 10 simpul, kami koordinasi saja,” pungkasnya.

Baca Juga: Cek! Daftar Lengkap Harga Tiket Konser Deep Purple di Solo, Maret 2023

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya