Tak Dipingit, Jokowi Ungkap Kaesang Malah Kerja di Jakarta

Jelang pernikahan Kaesang dan Erina.

Surakarta, IDN Times - Menjelang hari pernikahan, putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep justru memilih berada di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi usai mengelar rapat persiapan pernikahan di Ndalem Wuryoningratan, Solo, pada Minggu (4/12/2022).

Baca Juga: Karawitan ISI Solo Siapkan Lagu Ojo Dibandingke di Nikahan Kaesang

1. Sedang bekerja di Jakarta.

Tak Dipingit, Jokowi Ungkap Kaesang Malah Kerja di JakartaKaesang Pangarep. (IDN Times/Larasati Rey)

Saat ditanya oleh awak media perihal keberadaan Kaesang menjelang pernikahannya dengan putri Jogja Erina Sofia Gudono, Presiden Jokowi mengatakan jika Kaesang sedang menjalani pinggitan di kantornya di Jakarta.

"Dipinggit di kantornya di Jakarta," kata Jokowi sambil dibarengi tawa.

Pinggitan sendiri adalah proses mempersiapkan diri mempelai untuk memasuki dunia yang bernama Rumah Tangga. Masa-masa menjelang pernikahan merupakan masa kritis bagi calon mempelai.

Pada zaman dahulu, lama waktu pingitan dapat berkisar antara 1 hingga 2 bulan, tergantung kesanggupan dari kedua calon mempelai. Namun seiring berjalannya waktu, lama pingitan kini hanya berlangsung sekitar 1-2 minggu saja.

2. Mengaku masih sibuk kerja.

Tak Dipingit, Jokowi Ungkap Kaesang Malah Kerja di JakartaPresiden Jokowi usai rapat persiapan nikahan Kaesang. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan jika putra bungsunya masih sibuk kerja meski tinggal H-5 menjelang pernikahannya. Ia bahkan tidak mau libur meski sudah diperingatkan.

"Yang minggit kantornya, suruh berhenti nggak berhenti, kerja terus seperti apa. Minggu-Minggu saya telephone juga masih kerja," kata Jokowi.

Kaesang dan Erina sendiri akan melangsungkan janji suci pada  Sabtu tanggal 10 Desember di Yogyakarta. Acara akad nikah sendiri digelar secara terbatas.

3. Tegaskan tak ada acara adat di Pura Mangkunegaran.

Tak Dipingit, Jokowi Ungkap Kaesang Malah Kerja di JakartaKirab kereta kencana di Car Free Day Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menegaskan acar tasyakuran ngunduh mantu di Solo akan dimulai dari acara kirab di rumah dinas Walikota Solo Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran Solo. Kirab sendiri akan menggunakan kereta kencana.

"Di Loji itu berangkat, kirab dan tasyakuran di Mangkunegaran," ungkapnya.

Acara tasyakuran sendiri rencananya akan digelar pada siang dan malam. Putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan adik iparnya Anwar Usman dipercaya sebagai juru bicara acara pernikahan tersebut.

"Hanya siang dan malam, jam-jam nya diatur untuk manajemen saja agar aliran beliau-beliau para tamu mengalir dengan baik," jelasnya.

Kirab akan digelar sekitar pukul 8.30 WIB. Acara kirab tersebut akan dibarengi dengan penyelenggaran Solo car free day yang digelar setiap hari Minggu.

Baca Juga: Cek 3 Lokasi Parkir untuk Pernikahan Kaesang dan Erina di Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya