Tak Ingin Rubicon, Wali Kota Solo: Saya Naik Becak Saja Berangkat Kok

Mobil dinas lama masih bisa dipakai

Solo, IDN Times - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo ikut berkomentar soal mobil dinas baru Bupati Karanganyar yakni Jeep Rubicon Wrangler Rubicon senilai Rp2 miliar.

Baca Juga: Mobil Dinas Bupati Karanganyar Lebih Mewah, Ganjar: Gak Masalah

1. Memilih naik becak

Tak Ingin Rubicon, Wali Kota Solo: Saya Naik Becak Saja Berangkat Kokmarkcujakblog.com

Ditanya soal pengadaan mobil dinas baru untuk Wali Kota, pria yang akrab disapa Rudy tersebut lebih memilih naik becak, ia berdalih mobil yang selama ini ia tumpangi yakni Toyota Camry tahun 2012 masih layak untuk digunakan sebagai mobil dinas.

"Kulo sing penting siji isoh ngo nyambut gawe (saya yang penting satu bisa bekerja.red), kulo kalau disuruh naik becak mangkat kok, numpak Camry yo rapopo," ungkapnya.

Perlu diketahui, mobil dinas Wali Kota Solo merupakan mobil dinas pembelian semasa pemerintahan Wali Kota Joko Widodo. Namun baru digunakan oleh Rudy pada tahun 2015 setelah mobil dinas yang lama yakni Toyota Camry tahu 2002 usai dilelang pada Mei 2015 lalu.

2. Sudah empat tahun dan pernah mogok Rudy sebut mobil dinasnya membawa rezeki

Tak Ingin Rubicon, Wali Kota Solo: Saya Naik Becak Saja Berangkat KokIDN Times / Larasati Rey

Rudy mengaku mobil dinas yang telah ia gunakan selama empat tahun tersebut membawa keberuntungan tersendiri baginya. Meski pernah merasakan mobil mogok, namun karena dinilai masih layak ia enggan untuk mengantinya.

"Yang penting mobil itu bisa dipakai untuk bekarja, dan setiap kita pakai untuk bekerja itu ngerejekeni, minta anggaran ke provinsi dikei (dikasih.red)," ungkapnya.

3. Tidak minta mobil dinas ke pemerintahan

Tak Ingin Rubicon, Wali Kota Solo: Saya Naik Becak Saja Berangkat KokIDN Times / Larasati Rey

Meski memilik hak untuk mengajukan mobil dinas baru, namun Rudy tidak mau menggunakan haknya. Bahkan ia bilang langsung ke Kepala Bagian Umum Setda Solo, Agus Santoso untuk tidak menganggarkan mobil dinas baru untuknya.

"Saya sudah menyampaikan kepada Pak Agus tidak usah ada pengadaan baru untuk Wali Kota, ya biarin masih bisa dipakai kok," ungkapnya.

Selain mobil dinas jenis Toyota Camry tahun 2012, Wali Kota juga memiliki mobil cadangan yakni Toyota Inova Reborn dengan nopol AD 100 A. Namun mobil cadangan tersebut tidak dikhususkan untuk Wali Kota melainkan untuk PKK dan berfungsi menjemput tamu pemerintahan.

Baca Juga: 5 Spot Cantik Karanganyar Ini Bikin Kamu Makin Hits

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya