Teliti Verifikasi Berkas CPNS 2019, Pemkot Solo Bentuk Tim Khusus

Pendaftaran CPNS 2019

Solo, IDN Times – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo membentuk tim khusus untuk melakukan verifikasi berkas pendaftaran milik pelamar rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Baca Juga: Modus Janjikan Lulus CPNS, Wanita Asal Jepara Diringkus Polisi

1. Bentuk tim khusus verifikasi

Teliti Verifikasi Berkas CPNS 2019, Pemkot Solo Bentuk Tim KhususIDN Times / Larasati Rey

Banyaknya berkas pendaftaran CPNS 2019, membuat Pemkot Solo lebih teliti dalam meninjau ulang berkas pendaftaran. Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Lisino Soares mengatakan tim kusus yang bertugas untuk memilah berkas yang tidak memenuhi syarat (TMS). Tim yang khusus tersebut berjumlah sekitar 25 petugas dari BKKPD.

“Berkas-berkas yang perlu direview ulang dan dirapatkan oleh tim kecil (tim khusus) tersebut untuk sementara masih digabungkan dengan berkas TMS. Review baru dilakukan setelah masa pendaftaran selesai, sebelum nantinya dilaporkan kepada pimpinan,” ujarnya Jumat (22/11).

2. Berkas tak sesuai langsung dicobet

Teliti Verifikasi Berkas CPNS 2019, Pemkot Solo Bentuk Tim KhususPexels.com/pixabay

Sementara itu, Kepala BKPPD Rakhmat Sutomo mengatakan tim khusus tersebut nantinya akan meninjau berkas pendaftaran yang tentang ketersediaan formasi CPNS yang membutuhkan persyaratan tertentu. Apabila berkas tersebut tak sesuai dengan kebutuhan formasi CPNS, maka akan langsung dicoret.

"Misalnya batas minimal pendidikan pelamar adalah Diploma III (DIII), namun jenjang pendidikan pelamar adalah Strata Satu (S1), Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 namun IPK pelamar hanya 2,98, atau juga jurusan tertentu bagi pelamar formasi guru SD. Itu semuanya masih ditampung dalam kotak tersendiri dan perlu disidang, karena tidak bisa diputuskan memenuhi syarat atau tidak oleh tim verifikasi," jelanya.

Pemkot Solo sendiri membuka 407 formasi CPNS 2019, jumlah formasi tersebut sesuai dengan susuan formasi dari Kemen PAN RB. Tenaga pendidik dan tenaga kesehatan adalah menjadi jumlah formasi paling banyak yang dibuka oleh Pemkot Solo.

3. Buka pos aduan CPNS

Teliti Verifikasi Berkas CPNS 2019, Pemkot Solo Bentuk Tim KhususIDN Times / Larasati Rey

Untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan, Pemkot Solo membuka pos aduan CPNS. Pos Aduan CPNS tersebut ditempatkan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatataan Sipil (Dispendukcapil), yang notabene sering dikunjungi oleh masyarakat.

Pos Aduan tersebut, nantinya akan memberikan informasi perihal pendafataran CPNS serta keluahan dari masyarakat soal data adminitrasi kependudukan untuk mengakses pendaftaran CPNS.

Sekretaris Dipendukcapil, Supartiningsih mengatakan, banyak warga yang datang ke pos pengaduan untuk mensingkronkan nomor KTP Elektronik dan nomor Kartu Keluarga (KK), yang notabene menjadi salah satu syarat untuk mendaftar akun di www.sscn.bkn.go.id .

“Pos aduan itu dibuka mulai tanggal 11 Noveber lalu hingga nanti akhir pendaftaran, kebanyakan mereka ada ya lima orang per hari kesulitan memverifikasi data kependudukan,” ungkapnya.

Baca Juga: Persaingan Ketat! Ini Instansi Paling Diserbu dan Tidak Laku CPNS 2019

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya