Terang-Terangan! Gibran Dukung Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, Kamu?

Dinilai lebih berpengalaman dibandingkan Iwan Bule

Semarang, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka secara terang-terangan mendukung Menteri BUMN, Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI menggantikan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. Hal tersebut disampaikan usai dirinya kecewa terhadap keputusan PSSI yang menghentikan Liga 2 serta tak adanya sistem degradasi di Liga 1.

1. Dukung penuh Erick Thohir jadi Ketum PSSI

Terang-Terangan! Gibran Dukung Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, Kamu?Raffi dan geng saat antar Erick Thohir (instagram.com/teddy.tjahjono)

Dukungan Gibran tersebut tak lepas dari banyaknya desakan dari berbagai pihak dan sikap kekecewaan terhadap keputusan PSSI usai menghentikan pertandingan Liga 2.

Melihat keputusan PSSI yang tidak rasional, Gibran secara terang-terangan mendukung Erick Thohir maju untuk menjadi Ketua Umum PSSI mengantikan Iwan Bule.

"Saya secara pribadi, secara personal, mendukung pak Erick Thohir," ujar Gibran, Minggu (15/1/2023).

Seperti diketahui, Federasi sepakbola Indonesia PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Tak sedikit yang menginginkan agar posisi Iwan Bule diganti setelah tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Catat! Gibran Larang Warga Solo Parkir Mobil di Badan Jalan Mana Pun

2. Erick lebih berpengalaman di bidang persepakbolaan

Terang-Terangan! Gibran Dukung Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, Kamu?Menteri BUMN, Erick Thohir. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran menilai, Erick Thohir sebagai sosok yang mumpuni dan pantas menduduki jabatan Ketum PSSI. Selain berpengalaman, Erick juga pernah menjadi pemilik raksasa sepakbola Italia, Inter Milan.

"Pengamanan di Inter Milan. Yang paling pengalaman, paling profesional, wis itu saja," ucapnya.

Lebih lanjut Gibran mengaku kecewa dengan dihentikannya kompetisi Liga 2 dan tak adanya degradasi di Liga 1. Hal itu dinilainya sebagai kemunduran persepakbolaan Indonesia.

"Sangat merugikan, semua aspek ekosistem persepakbolaan Indonesia. Ini ketua ketua, calon calon ketua kan sudah pada daftar nih, ya wis dilanjutkan wae, berproses," katanya.

3. Gibran akan bertemu dengan Erick Thohir

Terang-Terangan! Gibran Dukung Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, Kamu?Raffi dan geng saat antar Erick Thohir (instagram.com/attahalilintar)

Lebih lanjut, Gibran mengaku akan bertemu Erick Thohir, pada hari Senin (15/1/2023) saat pembukaan Porseni Nahdlatul Ulama (NU) di Solo. Pertemuan tersebut juga akan dimanfaatkan untuk membicarakan kisruh di tubuh PSSI.

Gibran mengatakan jika Erick Thohir telah mengajak adiknya Kaesang Pangarep saat mendaftar ke PSSI.

"Besok ke sini. Yang diajak Kaesang dulu, dia kan di Persis Solo," ungkapnya.

Meski tak sejalan, Gibran mengaku memiliki hubungan baik dengan PSSI, termasuk dengan Ketum PSSI saat ini, Iwan Bule. Apalagi dalam dua tahun belakangan mereka sering ke Solo untuk urusan sepak bola Indonesia.

"Iya kita baik sama semua, tapi untuk saat ini situasi yang sangat, apa ya. Kalau bisa dibilang chaos lah ya. Kita butuh orang yang profesional, berpengalaman, berkomitmen. Saya rasa yang saya lihat selama ini orangnya benar-benar nothing to lose, berkomitmen membesarkan bola ya pak Erick Thohir," ungkapnya.

4. Soal double jabatan Erick Thohir nantinya

Terang-Terangan! Gibran Dukung Erick Thohir Jadi Ketum PSSI, Kamu?Menteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Ditanya soal rangkap jabatan Erick Thohir jika nantinya terpilih menjadi Ketum PSSI, Gibran mengaku belum mengetahui aturan yang berlaku saat ini. Pasalnya, Erick Thohir masih aktif menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

"Saya gak tahu aturannya seperti apa ya. Boleh double jabatan sebagai menteri dan Ketum PSSI atau gak. Yang jelas, saya percaya pak Erick bisa membawa persepakbolaan Indonesia ke arah yang lebih baik lagi," katanya

"Sing jelas kita komitmen untuk memperbaiki carut marut yang ada ini," pungkasnya.

Baca Juga: Nusantara United FC Kecewa Liga 2 Berhenti, Bikin Tim Frustasi 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya