UNS Tambah Dua Guru Besar Jelang Dies Natalis, Ini Lho Sosok Mereka

Bidang kesehatan dan lingkungan.

Surakarta, IDN Times - Jelang Dies Natalis ke-46, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah dua guru besar baru. Dua Guru Besar tersebut berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yaitu Prof. Nuryani, S.Si., M.Si., Ph.D. dan Prof. Dr. Ir. Prabang Setyono, S.Si, M.Si., C.EIA., IPM.

Kedua Guru Besar ini dikukuhkan dalam Sidang Senat Terbuka pada Selasa, 8 Maret 2022 secara luring dan daring di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

Baca Juga: RS UNS Buka Poliklinik Eksekutif, Jadi Rujukan Penyakit Gagal Jantung     

1. Guru Besar bidang kesehatan

UNS Tambah Dua Guru Besar Jelang Dies Natalis, Ini Lho Sosok MerekaProf. Nuryani, Guru Besar ke 246 UNS. (Dok/Humas UNS)

Prof. Nuryani, S.Si., M.Si., Ph.D. merupakan Guru Besar ke-21 FMIPA UNS dan ke-246 UNS. Ia dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Instrumentasi Medis Program Studi (Prodi) Fisika FMIPA dengan pidato pengukuhan berjudul Pengembangan Instrumentasi Medis Dengan Sistem Cerdas Berbasis Elektrokardiogram Dalam Mendukung Kemandirian Alat Kesehatan.

Elektrokardiogram pada dasarnya merupakan representasi aktifitas kelistrikan jantung, sebagai resultan sinyal listrik yang berasal dari bagian-bagian jantung, yang diukur dengan aras waktu. Data elektrokardiogram dapat memberikan informasi yang terkait gangguan jantung dan gangguan tubuh lainnya yang berhubungan dengan jantung.

“Suatu sistem yang dilengkapi dengan teknik kecerdasan komputasi (computational intelligence) tertentu untuk pengolahan data elektrokardiogram dapat digunakan sebagai sistem deteksi gangguan tubuh tertentu. Kecerdasan komputasi ini dapat melakukan suatu proses pembelajaran atau pengenalan pola data elektrokardiogram, yaitu pola elektrokardiogram yang tidak normal karena gangguan tubuh terterntu dan elektrokardiogram normal,” terang Prof. Nuryani, Selasa (8/3/2022).

Dengan kemampuan mengenali pola data eletrokardiogram dan kemampuan pengambilan keputusan maka sistem ini dapat memberikan informasi apakah gangguan tubuh tertentu terjadi atau tidak. Dengan demikian maka sistem ini dapat membantu pasien atau pengguna dalam mengidentifikasi gangguan tubuh tertentu dengan cepat karena sistem ini bekerja berbasis komputer. Sistem ini juga dikenal dengan sistem deteksi.

Sistem dengan prinsip kerja di atas di antaranya adalah untuk sistem deteksi hipoglikemia (gula darah rendah) dan sistem deteksi gangguan apnea tidur obstrukrif (obstructive sleep apnea, OSA). Untuk gangguan jantung sistem ini bisa untuk sistem deteksi gangguan jantung fibrilasi atrium (atrial fibrillation atau AF) dan premature ventricular contraction (PVC).

Dalam sistem deteksi ini dapat digunakan teknik kecerdasan tertentu atau hibrida/kombinasi dua teknik kecerdasan. Diantaranya adalah support vector machine (SVM), jaringan syaraf tiruan (JST), fuzzy inference system (FIS). Teknik kecerdasan lain juga bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja teknik kecerdasan tersebut, misalnya menggunakan teknik particle swarm optimization (PSO).

2. Guru Besar bidang lingkungan

UNS Tambah Dua Guru Besar Jelang Dies Natalis, Ini Lho Sosok MerekaProf. Dr. Ir. Prabang Setyono, guru besar ke 247 UNS. (Dok/Humas UNS)

Sedangkan, Prof. Dr. Ir. Prabang Setyono, S.Si. M.Si., C.EIA., IPM. merupakan Guru Besar ke-22 FMIPA UNS dan ke-247 UNS. Ia dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pencemaran Lingkungan Prodi Ilmu Lingkungan FMIPA dengan pidato pengukuhan berjudul Mitigasi Pencemaran Lingkungan Dalam Perspektif SDGs (Sustainable Development Goals) Menuju Sebuah Peradaban Bangsa.

“Judul ini saya pilih untuk menekankan bahwa mitigasi pencemaran lingkungan sangat berkontribusi dalam pencapaian SDGs yang pada akhirnya akan mengantarkan pada peningkatan peradaan bangsa menuju pola pembangunan yang berkelanjutan,” terang Prof. Prabang.

Permasalahan Lingkungan di Indonesia sangat kompleks karena merupakan permasalahan yang multidimensi sehingga pendekatan solusinya harus berbasis pada konteks dan konsep SDGs yang keterukuran goals-nya lebih nampak. Sepuluh besar masalah lingkungan di Indonesia saat ini meliputi sampah, banjir, sungai tercemar, pemanasan global, pencemaran udara, rusaknya ekosistem laut, sulitnya air bersih, kerusakan hutan, abrasi dan pencemaran tanah.

Masalah lingkungan di Indonesia didominasi oleh pencemaran lingkungan yang meliputi pencemaran air, pencemaran tanah dan pencemaran udara. Isu yang sangat popular dalam kasus pencemaran lingkungan di Indonesia adalah permasalahan sampah sebagai hasil produksi dan aktifitas manusia itu sendiri.

Metode dalam Mitigasi Pencemaran Lingkungan dapat dilakukan dengan pendekatan SMART GOALs dimana S (Spesifik) artinya analisis kandungan bahan pencemar harus bersifat spesifik sehingga mitigasi dapat dilakukan secara spesifik sesuai karakteristiknya, M (Measurable) artinya kuantitas dan kualitas bahan pencemar harus terukur) sesuai standar yang telah ditetapkan, A (Attainable) artinya ketercapaian tujuan mitigasi bahan pencemar dari aspek ekologi dapat diukur berdasarkan ruang, spasial, budget dan metodologi, R (Relevant) artinya mitigasi bahan pencemar harus relevan dengan pendekatan metode identifikasi dan analisis berbasis sains dan teknologi terupdate dan relevan, T (Timely) artinya kompleksitas dalam kasus pencemaran lingkungan harus mempunyai neraca waktu penanganan yang jelas dan terukur sehingga GOALs (Tujuan) dalam mitigasi pencemaran lingkungan dalam perspektif SDGs dapat tercapai.

3. Berperan aktif di masyarakat

UNS Tambah Dua Guru Besar Jelang Dies Natalis, Ini Lho Sosok MerekaPengukuhan Guru Besar UNS, Selasa (8/3/2022). (Dok/Humas UNS)

Sementara itu, Rektor UNS Prof Dr. Jamal Wiwoho merasa senang dan bangga jika melihat kiprah para sejawat Guru Besar dikagumi banyak orang berkat peran aktifnya di masyarakat. Menurutnya ini momentum yang tepat bagi kedua Guru Besar yang baru saja dikukuhkan, untuk segera menggerakkan seluruh potensi intelektualitasnya, memberi jawaban atas kebutuhan masyarakat sekarang dan yang akan datang.

"Saya percaya, bahwa seorang Guru Besar dengan kapasitas keilmuan dan kebebasan mimbar akademik yang dimilikinya, akan menjadi sarana yang ampuh dalam membangun harapan masa depan bangsa yang lebih baik. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengajak Prof. Nuryani yang memiliki keahlian instrumentasi medis, dan Prof. Prabang Setyono, pakar Ilmu Pencemaran Lingkungan, untuk menunjukkan tanggungjawab moral dan sosialnya, yakni memiliki sikap ilmiah ilmuwan yang mampu bersinergi dan berkolaborasi satu sama yang lain dalam mewujudkan sumbangsihnya kepada masyarakat dan pemerintah, yang saat ini sedang sibuk mencari kawan berbagi bahu untuk mensikapi dan menghadapi tantangan perubahan zaman yang terus menunjukan intensitasnya," ungkapnya.

Kemanfaatan ilmu pengetahuan bisa dirasakan secara maksimal, jika masing-masing disiplin ilmu saling bertemu dan berbagi untuk saling melengkapi.
Hadirin dan sejawat Guru Besar.

Baca Juga: Sosok 4 Guru Besar yang Baru Saja Dikukuhkan UNS

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya