Usai Siraman Kaesang, Jokowi Langsung ke Jogja Hadiri Acara Midodareni

Di Jogja Jokowi tinggal di Gedung Agung

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninggalkan kediaman Sumber, seusai prosesi siraman putra sulungnya, Kaesang Pangarep, Jumat (9/10/2022).

Iring - iringan mantan Wali Kota Solo itu keluar dari gapura pukul 11.20 WIB menuju Makorem 074/Warastratama, Surakarta.

Baca Juga: Jalani Prosesi Siraman, Kaesang Digendong Jokowi

1. Sempatkan salat Jumat di Makorem.

Usai Siraman Kaesang, Jokowi Langsung ke Jogja Hadiri Acara MidodareniPresiden Jokowi bertolak ke Yogyakarta. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelum meninggalkan Kota Solo, Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk melakukan ibadah salat Jumat di Makorem 074/Warastratama, Surakarta.

"Salat Jumat dulu, nanti menuju ke Yogyakarta untuk persiapan nanti malam," kata Presiden Jokowi, Jumat (9/12/2022).

Usai salat Jumat, Presiden Jokowi dan keluarga menuju, Sleman Yogyakarta untuk mengikuti prosesi lamaran di rumah keluarga mempelai wanita, Erina Sofia Gudono.

2. Akan hadiri acara midodareni di Yogyakarta.

Usai Siraman Kaesang, Jokowi Langsung ke Jogja Hadiri Acara MidodareniTampilan Erina pada prosesi siraman (instagram.com/hepidavid)

Di Yogyakarta Presiden Jokowi akan tinggal di Gedung Agung, Yogyakarta. Menurut rencana, acara lamaran dari keluarga Jokowi ke keluarga Mohammad Gudono (alm) akan dilakukan pukul 19.00 WIB. Seusai lamaran acara dilanjutkan midodareni.

Dalam tradisi Jawa baik Solo maupun Yogyakarta, Midodareni adalah merupakan prosesi adat sebelum melaksanakan akad nikah. Ada juga yang menyebutnya sebagai malam 'pangarip-arip', atau malam terakhir masa lajang bagi kedua mempelai.

3. Jalani adat di Yogyakarta.

Usai Siraman Kaesang, Jokowi Langsung ke Jogja Hadiri Acara MidodareniProsesi siraman Kaesang Pangarep. (Dok. Muchis Jr.)

Sebelumnya, Kaesang juga menjalani sejumlah prosesi adat. Diawali dengan pasang Bleketepe oleh orang tua, kemudian sungkeman dan siraman.

"Alhamdulillah tadi prosesi sungkeman dan siraman sudah berjalan baik dan lancar. Kami sekeluarga mohon doa restu pada masyarakat agar prosesi berikutnya, nanti midodareni, besok ijab qabul dan tasyakuran di Mangkunegaran semuanya bisa berjalan dengan baik," ujar Jokowi.

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono akan dilaksanakan tanggal 10 Desember mendatang untuk akad nikah di Yogyakarta. Dilanjutkan dengan acara tasyakuran ngunduh mantu tanggal 11 Desember di Pura Mangkunegaran Solo.

Baca Juga: Jokowi Minta Doa Restu Agar Pernikahan Kaesang - Erina Lancar

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya