Wali Kota Solo Jamin Keamanan Warga Papua 

Berikan juga jaminan kesehatan

Solo, IDN Times - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menjamin keamanan bagi warga Papua yang tinggal di Kota Solo. Ia menegaskan Kota Solo tidak akan terpengaruh oleh peristiwa yang terjadi ini di Papua.

Sebagai bentuk kebersamaan, Wali Kota Solo bersama jajaran pimpinan daerah melakukan aksi berfoto bersama Kapolresta AKBP Andy Rifai, Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Ali Ikhwan foto bersama dengan sejumlah warga Papua di depan Plaza Manahan, Solo, Selasa (3/9).

1. Gelar aksi foto bersama

Wali Kota Solo Jamin Keamanan Warga Papua IDN Times/Larasati Rey

Aksi tersebut bertujuan untuk menunjukkan bahwa Solo aman dan nyaman untuk ditinggali bagi siapa saja.

"Ini menggambarkan bahwa kota Solo siap memberikan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh warga Indonesia yang tinggal di Kota Solo, terutama warga Papua," ujar Wali Kota.

Tak hanya jaminan keamanan, Wali Kota juga memberikan jaminan kesehatan bagi warga Papua, yang sudah menjadi penduduk Kota Solo.

 

Baca Juga: Curhat Mahasiswa Papua: "Keluarga Saya Susah Dihubungi"

2. Tidak ada lagi provokasi

Wali Kota Solo Jamin Keamanan Warga Papua IDN Times/Larasati Rey

Selain itu, Wali Kota yang kerap disapa Rudy tersebut juga memastikan tidak ada lagi tindakan vandalisme yang bergambar Papua Merdeka di tembok warga maupun tempat umum. Ia mengaku jika kasus yang terjadi beberapa waktu lalu sudah ditangani oleh jajaran Kepolisian.

Ia juga menjamin tidak ada lagi oknum-oknum yang mencoba memprovokasi lewat aksi vandalisme tersebut. Pihaknya bahkan akan menindak tegas bagi siapa saja yang ingin mengacaukan situasi di Kota Solo.

"Sekarang situasinya sudah kondusif. Begitu muncul itu (vandalisme) provokatif langsung kami lakukan tindakan. Dan sekarang sudah tidak ada lagi,” tegas Rudy.

3. Mengimbau agar tidak terpengaruh oleh hasutan

Wali Kota Solo Jamin Keamanan Warga Papua IDN Times/Larasati Rey

Adanya aksi solidaritas dari orang nomer satu di kota Solo tersebut, menjadi angin segar bagi warga Papua yang tinggal di Kota Solo. Salah seorang warga Papua, Rycko Rianti Mauri (41) mengaku lega jika warga Solo tidak terpengaruh oleh aksi yang ada di daerah lainnya. Ia mengaku sangat menikmati Kota Solo, karena keamanan dan kenyamanan yang diberikan. Rycko juga mengajak warga Papua lainnya untuk tidak terpengaruh oleh hasutan yang tidak bertanggung jawab.

"Selama tinggal di Solo, saya merasa aman, nyaman. Saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Papua agar tidak mudah terpengaruh dengan hasutan-hasutan tidak bertanggung jawab. Karena, hal itu bertujuan untuk memecah belah dan memisahkan Papua dari NKRI.”

Baca Juga: Dana Pendidikan Dikorupsi Rp7,5 miliar, Ganjar Siap Bantu Bongkar 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya