Banjir di Tegal, Duh! Data Verifikasi Warga Miskin Ikut Terendam

Kantor Dinsos diterjang banjir

Tegal, IDN Times - Musibah banjir yang terjadi di wilayah Pantura Barat, Kota Tegal terus mengakibatkan sejumlah kerugian. Salah satunya di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) yang berlokasi di Jalan Sipelem, Kelurahan Pekauman. Beberapa tumpuk data verifikasi warga miskin terendam banjir, Selasa (31/12) malam.

Baca Juga: Tegal Dikepung Banjir, Diguyur Hujan Setengah Jam Air Meluap Selutut

1. Pegawai melakukan kerja bakti

Banjir di Tegal, Duh! Data Verifikasi Warga Miskin Ikut TerendamIDN Times/ Muchammad Haikal

Saat disambangi IDN Times, Rabu (1/1) sekitar pukul 11.00 WIB, sejumlah pegawai Dinsos nampak sibuk melakukan kerja bakti. Mereka membersihkan ruang masing-masing dari bekas banjir yang membawa sampah dan lumpur.

Sedikitnya dua sarana dan prasarana kantor mengalami kerusakan, lantaran tak tertolong saat terjadi banjir. Kerusakan dialami pada perangkat CPU komputer Ruang Rehabilitasi Bantuan Sosial, Perlindungan dan Jaminan Sosial serta sebuah speaker ampli di ruang pertemuan.

2. Berkas verifikasi warga miskin basah

Banjir di Tegal, Duh! Data Verifikasi Warga Miskin Ikut TerendamIDN Times/ Muchammad Haikal

Tak hanya itu, sedikitnya tujuh tumpuk berkas verifikasi data miskin Kota Tegal ikut terendam, karena tak sempat dievakuasi. Bersamaan dengan berkas, tiga unit motor yang terparkir juga ikut terendam hingga separuh bagian.

“Kita datang ke sini air sudah setinggi paha orang dewasa. Lalu kita selamatkan barang-barang elektronik terlebih dulu, baru berkas-berkas. Motor yang diparkir juga sama, terendam sampai setengah. Ini sedang dibongkar, karena mogok,” terang Reza salah satu pegawai Dinsos.

3. Berkas tersalin di setiap kelurahan

Banjir di Tegal, Duh! Data Verifikasi Warga Miskin Ikut TerendamIDN Times/ Muchammad Haikal

Kendati terendam hingga basah, Reza mengaku berkas tersebut masih bisa dievakuasi dan diperbaiki. Bahkan, salinan berkas tersebut juga berada di masing-masing kelurahan, sehingga jika suatu saat dibutuhkan dapat diambil.

“Kalau tidak salah, salinan berkas ini ada di kelurahan yang mengajukan verifikasi,” singkatnya.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya