Mudik Gratis Naik KA, Gubernur Ganjar Jadi Tempat Curhat Warganya

Hanya Pemprov Jateng yang menyediakan mudik gratis KA

Solo, IDN Times -  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istri dan anaknya ikut mudik bareng warga Jateng naik Kereta Ekonomi (KA) Menoreh jurusan Stasiun Senen Jakarta-Stasiun Tawang Semarang, Minggu (2/6). Selain menjadi rebutan salaman dan selfie, Ganjar dan istri juga menjadi tempat curhat bagi para pemudik.

Baca Juga: Mudik Gratis, 1.982 Penumpang Kapal Roro Tiba di Tanjung Emas 

1. Menjadi rebutan salaman dan selfie warganya

Mudik Gratis Naik KA, Gubernur Ganjar Jadi Tempat Curhat WarganyaJatengprov.go.id

Ganjar tiba di peron Stasiun Senen lima belas menit sebelum kereta berangkat. Dia pun langsung menyusuri gerbong demi gerbong menyapa para pemudik yang berasal dari Jateng. Mereka adalah peserta program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemprov Jateng.

Begitu tahu gubernurnya datang, para pemudik pun langsung berebut salaman dan mengajak berfoto. Ganjar dengan gembira melayani keinginan warganya. Pemudik satu gerbong itu dengan sabar mengantre untuk bisa berfoto dan salaman dengan gubernurnya.

Tidak hanya berfoto, banyak warga yang mengucapkan terima kasih karena lebaran tahun ini mereka bisa mudik berkat adanya program mudik gratis Pemprov Jateng.

“Pak Ganjar, terimakasih ya. Berkat bapak saya dan keluarga akhirnya bisa mudik. Kalau gak ada program dari Jateng ini belum tentu saya bisa mudik,” ujar seorang pemudik dari Klaten.

2. Ganjar dan Siti Atkoh jadi tempat curhat

Mudik Gratis Naik KA, Gubernur Ganjar Jadi Tempat Curhat Warganyajatengprov.go.id

Ganjar bersama istri, Siti Atikoh dan anaknya duduk di kursi 12 C, 12 D dan 11 D gerbong pertama. Tidak sedikit warga yang curhat, terutama kepada Atikoh. Salah satunya adalah Choirul Ridwan, yang curhat tentang sandalnya yang hilang saat akan naik kereta.

“Sandal saya hilang satu, Bu. Padahal ini sandal Lyly, langka lho Bu. Tadi saya terburu-buru pas mau masuk, sandal saya keinjak dan akhirnya jatuh,” kata Ridwan.

Mendengar cerita itu Atikoh tertawa. Atikoh kemudian menjawab dan memberi solusi pada curhatan Ridwan.

“Pakai sandalku mau?" kata Atikoh yang membuat penghuni gerbong tertawa.

Ada lagi Zulaikha, 43, yang minta kepada Gubernur Ganjar agar mendoakan anaknya tetap sehat dan mempunyai masa depan yang cerah. Permintaan tersebut langsung diamini oleh Ganjar.

 

3. Jateng merupakan satu-satunya provinsi yan menyediakan mudik gratis naik KA

Mudik Gratis Naik KA, Gubernur Ganjar Jadi Tempat Curhat Warganyajatengprov.go.id

KA Menoreh merupakan kereta ketiga atau yang terakhir dalam program mudik gratis yang disediakan Pemprov Jateng untuk warganya yang akan mudik dari Jakarta ke berbagai wilayah di Jateng. Pada Minggu pagi, Ganjar melepas kereta Gajahwong menuju Kutoarjo yang membawa 720 penumpang. Siangnya, Ganjar melepas keberangkatan KA Singasari dengan kapasitas 448 penumpang menuju Solo. KA Menoreh yang ditumpangi Ganjar bersama ratusan pemudik berkapasitas 640 penumpang.

“Pemudik ini minta lebaran tahun depan bukan hanya mudiknya yang gratis, tapi juga balik gratis ke Jakarta. Ya, nanti dipikirkan lagilah,” kata Ganjar.

Sementara itu, menurut Deputi 2 Komersial dan Aset Daop I PT KAI, Junaidi Nasution, Pemprov Jateng sampai saat ini merupakan satu-satunya Pemda yang menyediakan mudik gratis dengan moda kereta api.

“Bukan hanya tahun ini, tapi rutin tiap tahun. Peminatnya selalu penuh. Biayanya sesuai tarif yang ditentukan, tidak ada kenaikan apalagi pengurangan,” kata dia.

Baca Juga: Situasi Mudik Lebaran Jateng Diamankan 24.405 Personel Gabungan

Topik:

Berita Terkini Lainnya