Paramitha Widya Kusuma, Caleg Millennial yang Lolos ke Senayan 

Meraup suara terbanyak di Dapil IX Jateng

Brebes, IDN Times -Caleg dari PDIP Dapil  IX Jateng, Paramitha Widya Kusuma yang akrab disapa Mitha menjadi perbincangan. Sebagai caleg pendatang baru, Mitha yang millennial ini hampir dipastikan lolos melenggang ke Senayan. Perempuan berusia 27 tahun ini bahkan meraih suara terbanyak di dapilnya, yaitu sebanyak 129.940 suara.

Perolehan suara itu mengungguli dua caleg seniornya di PDIP, yaitu Mohamad Prakosa dan Dewi Aryani, yang juga diprediksi lolos menjadi anggota DPR. Mitha merupakan putri sulung Ketua DPC PDIP Kabupaten Brebes sekaligus mantan Bupati Brebes, Indra Kusuma.

Baca Juga: Melati Permata, Caleg Millennial yang Gadaikan Pendidikan demi Warga  

1. Lahir dari keluarga politisi

Paramitha Widya Kusuma, Caleg Millennial yang Lolos ke Senayan instagram.com/kusumaparamithawidya

Ketua Tim Pemenangan Mitha, Andi Arifin, menyebut kesuksesan Mitha bukan lantaran   mendompleng nama besar orangtuanya, Indra Kusuma dan Maryatun, yang juga politisi. Indra saat ini merupakan Ketua DPC PDIP Kabupaten Brebes, sedangkan Maryatun menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Tengah

Dari kedua orangtuanya itulah Mitha belajar politik. Di usianya yang baru 27 tahun, Mitha bahkan sudah dipercaya menjadi Wakil Ketua DPC PDIP Brebes mendampingi ayahnya. Namun, untuk lolos menjadi anggota DPR bukanlah hal yang mudah.

“Setiap hari selama berbulan-bulan dia mengunjungi desa-desa di dapilnya, mulai dari Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. Dia menemui masyarakat calon pemilih di 200 desa, mengenalkan visi dan misi serta minta dukungan,” kata Andi.

2. Pendatang baru yang menggeser caleg petahana

Paramitha Widya Kusuma, Caleg Millennial yang Lolos ke Senayan instagram.com/kusumaparamithawidya

Berdasarkan dokumen DA-1 yang merupakan rekapitulasi di tiap kecamatan di Dapil Jateng IX, ada 8 caleg yang diprediksi bakal lolos ke Senayan. Dua di antaranya merupakan pendatang baru, yaitu Mitha dan Nur Nadlifah dari PKB.

Masuknya dua pendatang baru ini menggeser dua caleg petahana di Dapil IX Jateng, yaitu Teguh Juwarno dari PAN dan Zaenut Tauhid yang merupakan caleg PPP. Di dapil ini juga mantan Menteri ESDM Sudirman Said dan mantan Menteri Pertanian Suswono diprediksi gagal melenggang ke Senayan.

“Ini baru perkiraan karena finalnya tetap dari KPU. Tapi kami sudah mengantongi suara dokumen DA-1, nanti tinggal mencocokkan dengan KPU melalui rapat pleno,” kata saksi Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dari PDIP Kabupaten Tegal, Harjo Rasdi, Minggu (12/5).

3. Menuju Senayan bersama 8 caleg dari Dapil IX Jateng

Paramitha Widya Kusuma, Caleg Millennial yang Lolos ke Senayan instagram.com/kusumaparamithawidya

Delapan caleg dari Dapil IX Jateng diprediksi akan lolos ke Senayan, meliputi Kabupaten Brebes, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. Mereka adalah Paramitha Widya Kusuma, Dewi Aryani,  Muhamad Prakosa (PDIP), Agung Widyantoro (Golkar), Bahrudin Nasori, Nur Nadlifah (PKB), Muhamad Hekal (Gerindra) dan Fikri Faqih (PKS).

“Dari 8 caleg yang diperkirakan lolos itu, PDIP mendapat tiga kursi untuk caleg DPR RI. Total perolehan suara caleg PDIP di Dapil IX sebanyak 573 ribu suara,” ujar Harjo.

 

 

Baca Juga: Modal Gadai Motor, Caleg PSI Akhirnya Lolos Jadi Anggota DPRD Solo

Topik:

Berita Terkini Lainnya