116 Desa di Kudus Tahun Ini Langsungkan Pilkades Serentak

Plt Bupati ajak partisipasi masyarakat

Kudus, IDN Times - Sebanyak 116 desa di Kudus bakal melangsungkan pemilihan kepala desa serentak pada 19 November 2019 mendatang.

Pendaftaran pun telah dibuka sejak 25 September 2019 hingga 4 Oktober 2019 mendatang.

Baca Juga: Ingin Menang Pilkades, Calon Sebar Garam dan Datang Lebih Awal ke TPS

1. Sebanyak 116 desa di Kudus bakal menggelar pilkades serentak

116 Desa di Kudus Tahun Ini Langsungkan Pilkades SerentakIDN Times/Oetoro Aji

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus mengatakan untuk tahun ini ada sebanyak 116 desa yang mengikuti pilkades pada tahun 2019. Jumlah tersebut tersebar di sembilan kecamatan di Kudus.

“Kemarin sudah dibentuk panitia. Kemudian tahapan saat ini tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa,” ujarnya, Selasa (1/10).

2. Tahapan pilkades di Kudus

116 Desa di Kudus Tahun Ini Langsungkan Pilkades Serentakarah.com

Adi mengatakan, ada beberapa tahapan pelaksanaan pilkades di Kudus tahun 2019 ini. Pertama setelah penututpan pendaftaran pada 4 Oktober 2019 nantinya. Tahapan selanjutnya ada untuk dilakukan penetapan bakal menjadi calon kades.

“Ini tahapan adminitrasi,” katanya.

Lebih lanjut, untuk desa yang memiliki lebih dari lima calon kepada desa nantinya akan dilakukan uji tes bagi calon kepala desa tersebut. Sedangkan calon yang kurang dari dua orang maka akan dilakukan perpanjangan.

“Sedangkan kurang dari dua sampai dengan batas perpanjangan tidak ada calon yang mendaftar. Artinya kurang dari dua calon, maka akan dihentikan tidak dilanjutkan ke tahapan berikutnya,” jelasnya.

Adapun untuk pelaksanaan pilkades di Kudus akan digelar pada 19 November 2019 mendatang. Sedangkan 17 Desember 2019 mendatang akan pelantikan calon kades yang terpilih.

3. Plt Bupati Kudus harapkan panitia selalu objektif

116 Desa di Kudus Tahun Ini Langsungkan Pilkades SerentakOetoro Aji

Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam pelaksanaan pilkades tersebut. Baik dari pemerintah desa, BPD, dan unsur masyarakat. Sehingga memberikan kontribusi yang positif.

“Kami harapkan seluruh masyarakat desa untuk berpartisipasi secara aktif,” ujarnya. Untuk itu Hartopo meminta panitia bekerja sesuai dengan regulasi yang ada.

“Sehingga harapan kami bisa menjadikan kades nantinya yang memiliki kompeten,” tegasnya.

Baca Juga: Fenomena Halo Matahari, Warga Ramai Foto di Kompleks Makam Sunan Kudus

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya