Akhir 2020 Bandara Ngloram Ditargetkan Selesai dan Didarati Pesawat

Hasil tes flight bandara dinilai bagus

Blora, IDN Times - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menargetkan akhir tahun 2020 bandar udara (Ngloram) yang terletak di Desa Ngloram Kecamatan Cepu, Blora selesai dan bisa didarati pesawat. Hal ini setelah Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti melakukan tes flight di bandara tersebut. 

Baca Juga: Profil Kabupaten Blora di Jateng, Peserta Pilkada Tahun 2020

1. Landasan Bandara Ngloram miliki panjang 1.200 meter

Akhir 2020 Bandara Ngloram Ditargetkan Selesai dan Didarati PesawatRunway Bandara Ngloram sedang dibangun ulang. IDN Times/Fariz Fardianto

Hal itu disampaikannya ketika tiba di bandara Ngloram bersama rombongan Kemenhub dengan naik pesawat jenis King Air PK-CAC yang dikemudikan pilot berpengalaman, Wahyudi, Sabtu (11/1/2020).

Direktur Bandar Udara Ir. M. Pramintohadi Sukarno, M.Sc juga tampak hadir bersama rombongan.

“Salah satu prosedur untuk bisa didarati adalah melakukan test flight," kata dia seperti dikutip dari laman Pemkab Blora.

Bandar udara tersebut mulai dibangun pada tahun 2019. Awal tahun 2020, ini mulai dilakukan tes flight. Adapun panjang landasannya sepanjang 1.200 meter.

"Mudah-mudahan bisa segera diopersikan untu pesawat ATR 72 terbatas,” katanya.

2. Hasil tes Bandara Ngloram dinilai bagus

Akhir 2020 Bandara Ngloram Ditargetkan Selesai dan Didarati PesawatGanjar cek bandara Ngloram. IDN Times/Fariz Fardianto

Dari hasil tes itu, lanjut dia bahwa bandara Ngloram dinilai bagus. Untuk selanjutnya landasan nanti ya akan dicek secara teknis.

“Dan secara teknis sudah dimulai di tes. Kalau dari hasil pendaratan, bagus,” ucapnya.

Untuk kekurangan, lanjut Polana, akan segera dilengkapi seperti terminal, lampu, peralatan navigasi, kendaraan PKP-PK.“Banyak persyaratan yang harus dipenuhi,” jelasnya.

3. Akhir 2020 Bandara Ngloram selesai pembangunan dan bisa didarati pesawat

Akhir 2020 Bandara Ngloram Ditargetkan Selesai dan Didarati Pesawatinstagram.com/budhif1rmansyah

Pihaknya menargetkan akhir tahun 2020 selesai dan bisa didarati pesawat. Hal itu karena pihaknya menunggu lahan terminal. “Jadi secara bertahap,” ungkapnya.

Selain di Ngloram, pembangunan bandara juga dilakukan di Karimunjawa dan Wirasaba, Kabupaten Purbalingga.

Kedatangan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti dan rombongan diterima oleh Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si, Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si, Forkopimda Blora dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain itu juga disambut oleh Bupati Bojonegoro, Jawa Timur Dr. Hj. Anna Muawanah.

4. Menunggu sekian tahun , akhirnya Bandara Ngloram dilakukan tes flight

Akhir 2020 Bandara Ngloram Ditargetkan Selesai dan Didarati PesawatBandara Ngloram siap dipakai akhir 2019. Dok humas Pemprov Jateng

Wakil Bupati Blora Arief Rohman menyatakan apresiasi dan bangga dengan telah dilakukan test flight yang berjalan aman dan lancar. Dirinya bersyukur, setelah menunggu sekian tahun akhirnya bandara Ngloram dapat dilakukan tes flight.

“Alhamdulillah setelah sekian tahun dinantikan, dan tadi telah dilakukan test flight yang berjalan aman dan lancar. Warga masyarakat nampak menyambut dengan senang dan berdatangan untuk melihat pesawat,” ujar dia.

Menurutnya, masyarakat terlihat antusias dan menyambut baik bandara Ngloram ini. Hal ini tampak dengan bamyaknya masyarakat yang berkeinginan untuk menyaksikan tes ini.

"Ramai dipadati masyarakat sekitar yang ingin menyaksikan pendaratan perdana pesawat terbang di bandara tersebut," tandasnya.

Baca Juga: 34 Tahun Terbengkalai, Bandara Blora Bakal Difungsikan Akhir 2019

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya