Buka Sabtu dan Minggu, Kantor Dukcapil Kudus Dipadati Puluhan Warga

Antre membuat e-KTP

Kudus, IDN Times - Puluhan warga di Kabupaten Kudus mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada Sabtu (1/2). Mereka datang untuk mengurus adminitrasi kependudukan tentang e-KTP . 

Baca Juga: Sebanyak 4.253 Jiwa di Kudus Belum Rekam E-KTP, Terkendala Blangko

1. Puluhan warga datangi Dukcapil urus e-KTP

Buka Sabtu dan Minggu, Kantor Dukcapil Kudus Dipadati Puluhan WargaIDN Times/Aji

Padahal, dari Sabtu ini merupakan biasanya libur pelayanan adminitrasi. Salah satu warga Slamet asal Desa Japan Kudus mengaku datang ke Kantor Dukcapil. Ia mengaku akan melakukan perekaman e-KTP.

"Ini informasi dari desa bahwa hari ini Sabtu dan Minggu besok, dukcapil buka pelayanan maka saya mau ngurus rekam e-KTP," ujar dia kepada wartawan di Kudus.

Menurutnya, biasanya pada hari Sabtu dan Minggu libur pelayanan. Akan tetapi dari pihak desa setempat memberitahu bahwa pelayanan dukcapil pada 1-2 Februari 2020 melayani adminitrasi. "Saya mau rekam e-KTP," jelas dia.

2. Warga sebut buka hari Sabtu dan Minggu memberi kemudahan kepada masyarakat

Buka Sabtu dan Minggu, Kantor Dukcapil Kudus Dipadati Puluhan WargaBlangko e-KTP yang diterima Dispendukcapil Kota Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Senada juga diungkapkan oleh Rifan warga dari Colo. Ia datang ke Dukcapil Kudus untuk mengambil e-KTP. Karena kata dia hari ini Sabtu Dukcapil buka pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil.

"Ini bagus. Karena memudahkan pelayanan bagi masyarakat," jelasnya.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Pendudukan pada dukcapil Kudus Agus Sumarsono mengatakan, bahwa pada tanggal 1-2 Februari ini atau hari Sabtu dan Minggu Dukcapil Kudus membuka pelayanan. Padahal di pekan biasanya, hari ini adalah hari libur kerja.

3. Sebanyak 7 ribu orang di Kudus belum cetak e-KTP

Buka Sabtu dan Minggu, Kantor Dukcapil Kudus Dipadati Puluhan WargaSeorang warga sedang melakukan perekaman e-KTP di Kantor Dispendukcapil Kota Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

"Kita percepat percetakan dari surat keterangan ke blangko yang sudah tersedia," kata dia.

Apalagi, lanjut dia Dukcapil Kudus bulan Januari 2020 ini sudah mendapatkan 24 ribu keping blangko. Sedangkan untuk kebutuhan blangko e-KTP ada sebanyak 31 ribu keping.

"Sehingga kita saat ini tinggal 7 ribu keping blangko lagi," ujar dia.

Untuk pelayanan pada hari ini dan besok dimulai pukul 08-12.00 WIB. Apabila masyarakat masih ramai akan diperpanjang hingga pukul 14.00 WIB.

"Sebelumya pekan kemarin juga kita membuka pelayana pada hari Sabtu," papar dia.

Baca Juga: Ngakak! 10 Editan KTP Artis Dunia Kalau Jadi Orang Indonesia

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya