Dishub Kudus Siapkan Jalur Alternatif Jelang Natal dan Tahun Baru

Arus lalu lintas diperkirakan lancar 

Kudus, IDN Times - Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus memastikan jalur lalu lintas bagi masyarakat yang melintas Kota Kretek dipastikan lancar. Sejumlah jalan alternatif juga disiapkan bagi masyarakat yang mudik saat Hari Raya Natal dan tahun Baru 2020.

 

Baca Juga: Peningkatan Kebutuhan Uang Tunai saat Nataru di Jateng Tembus Rp211 M

1. Diprediksi arus lalu lintas melewati Kudus tak ramai

Dishub Kudus Siapkan Jalur Alternatif Jelang Natal dan Tahun BaruANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Kepala Bidang lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Putut Sri Kuncoro mengungkapkan, bahwa untuk prediksi lonjakan pengendaraan saat perayaan hari raya Natal dan tahun baru 2020 yang melintas di Kudus tidak padat. Meskipun demikian sejumlah jalan alternatif akan disiapkan.

“Untuk kepadatan arus lalu lintas ndak terlalu. Tapi alternatif ada,” kata dia.

2. Siapkan jalur alternatif di arus jalan Kudus

Dishub Kudus Siapkan Jalur Alternatif Jelang Natal dan Tahun BaruANTARA FOTO/Aji Styawan

Menurutnya, sejumlah jalan alternatif telah disiapkan yakni seperti jalur alternatif dari arah Pati dilewatkan melalui simpang tiga Terban. Dari Terban kemudian belok ke kiri menuju Pladen, Bulungcangkring, Sadang, Hadiwarno hingga perempatan Jepang. Selanjutnya, kemudian menuju Jalan Lingkar Kudus untuk melanjutkan ke Semarang.

Sedangkan, dari Semarang dilewatkan melalui perempatan Kerawang ke kiri menuju Tanjungrejo hingga Terban.

Selain menyiapkan jalur alternatif, pihaknya juga akan memasang rambu-rambu lalu lintas di jalan alternatif tersebut. Ada sebanyak tujuh rambu lalu lintas petunjuk jalur alternatif yang dipasang.

“Rambu berupa penunjuk arah ke Semarang maupun ke Surabaya, rambu belok kanan dan kiri, serta rambu penunjuk arah lainnya,” ungkapnya.

3. Disejumlah titik di Kudus diprediksi ramai

Dishub Kudus Siapkan Jalur Alternatif Jelang Natal dan Tahun BaruJalur Puncak Bogor macet parah di musim liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem buka tutup serta contraflow di Tol Jagorawi untuk mengurai kemacetan. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Meskipun demikian ia memprediksi arus lalu lintas yang melintas di Kudus tidak padat. Apalagi, sekarang sudah ada jalan tol. Tentunya hal tersebut akan mengurangi kepadatan saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

Ada beberapa titik di Kudus yang berpotensi ramai. Seperti di alun-alun Kudus, terminal hingga tempat wisata yang ada di Kudus.

“Tentunya kami bersinergitas dengan pihak kepolisian untuk jalan arus lalu lintas saat Nataru tahun ini,” pungkas dia.

Baca Juga: 2,1 Juta Kendaraan Bakal Padati Jawa Tengah saat Natal dan Tahun Baru

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya