Marak Sarang Tawon Vespa, Puluhan Laporan Masuk ke BPBD Kudus 

Jangan menganggu sarang tawon

Kudus, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus mencatat puluhan laporan yang sudah masuk terkait dengan sarang tawon vespa affinis. Bahkan laporan masuk di BPBD sejak bulan Mei 2019 lalu.

Baca Juga: Resah Tawon Vespa di Jateng, Ganjar Ajak Ahli Serangga Usir Tawon Ndas

1. Sebanyak 14 laporan serangan tawon vespa sejak bulan Mei

Marak Sarang Tawon Vespa, Puluhan Laporan Masuk ke BPBD Kudus hornissenschutz.de/Hsu Ching-hung

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Bergas Catursari Penanggungan mencatat sudah belasan laporan adanya sarang tawon vespa sejak bulan Mei 2019 lalu. Tercatat sudah ada 14 laporan dari bulan Mei hingga bulan November 2019 lalu.

“Sebenarnya memang sudah sejak pertengahan tahun ini sudah banyak laporan,” kata dia.

Menurutnya, laporan tersebut secara terus menerus mengalami lonjakan. Hal ini terbukti sejak bulan November 2019 kemarin hingga awal Desember ini dalam sehari bahkan bisa mencapai 4 laporan sarang tawon masuk di BPBD Kabupaten Kudus.

“Berjalan waktu memang sejak November 2019 kemarin mengalami peningkatan padat,” katanya.

2. Sarang tawon berada di pemukiman warga

Marak Sarang Tawon Vespa, Puluhan Laporan Masuk ke BPBD Kudus Sarang tawon Vespa Affinis yang ditemukan di rumah warga di Tegal, Rabu (27/11). (IDN Times/Haikal Adithya)

Pihaknya mencatat, hingga kini sudah ada sebanyak 30 lebih laporan yang masuk di BPBD Kabupaten Kudus. Laporan tersebut datang dari masyarakat. Kebanyakan laporan sarang tawon berada di permukiman warga setempat.

“Memang paling banyak dari permukiman warga. Di rumah-rumah warga. Namun juga tidak jarang di sekolahan juga ada,” jelasnya.

3. Imbau masyarakat yang menemukan sarang tawon vespa agar lapor ke 112

Marak Sarang Tawon Vespa, Puluhan Laporan Masuk ke BPBD Kudus steemit.com/keuudeip

Menurut Bergas yang perlu dilakukan saat melihat sarang dan koloni tawon vespa affinis atau tawon ndas pertama jangan menganggu sarang tawon. Ketika mendapatkan sarang tawon untuk segera lapor ke U Garuda 112. Ketika mendapatkan serangan tawon untuk segera berobat ke puskesmas.

“Kebanyakan setiap laporan kami tindalanjuti. Namun harus sesuai laporan, sesuai antre,” pungkasnya.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Menemukan Sarang Tawon Vespa

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya