Pertama di Indonesia, Klinik Pratama Bumdes Sehat di Pati

Diresmikan oleh Ganjar Pranowo

Pati, IDN Times - Klinik Pratama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sehat yang berada di Desa Tlogorejo kecamatan Tlogowungu, secara resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Senin (4/11) kemarin. Peresmian ini menjadi Bumdes sehat yang ada di Pati satu-satunya yang ada di Indonesia.

 

Baca Juga: Nisan Kuburan di Pati Tiba-tiba Keluarkan Api, Fakta Menurut Polisi

1. BUMDes dikelola oleh para pemuda

Pertama di Indonesia, Klinik Pratama Bumdes Sehat di PatiIDN Times/Humas Pemkab Pati

Hal ini seperti yang diungkapkan orang nomor satu di Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Di Indonesia baru pertama dan muncul BUMDes sehat, yaitu ada di Pati.

“Dengan adanya Klinik ini, dunianya ada, akhiratnya dapat. Saya acungi jempol. Tularkan pada yang lain tentang gagasan ini, dan jangan korupsi,” kata Ganjar.

Ganjar menyampaikan apresiasinya kepada para pengelola BUMDes yang merupakan para pemuda. Karena menurutnya, Indonesia hari ini butuh pemuda yang kreatif.

“Maka pemuda harus kreatif dan inovatif melihat perubahan zaman. Jangan begitu ada dana desa muncul, banyak yang bingung. Kebanyakan, dana yang ada akan digunakan sebagai infrastruktur. Mereka lupa kalau salah satunya adalah dalam hal sosial, dan juga kesehatan,” jelasnya.

2. Ganjar minta kreativitas warga

Pertama di Indonesia, Klinik Pratama Bumdes Sehat di PatiIDN Times/Humas Pemkab Pati

Lanjut Ganjar seperti halnya yang diutarakan oleh Presiden Joko Widodo, bahwa SDM unggul, Indonesia jaya.  Terutama adalah dalam hal kesehatan. Ia mengatakan, bahwa yang ada di Tlogowungu ini adalah satu diantaranya.

“Biasanya teman-teman kalau membuat BUMDes kelanjutannya adalah proposal. Maka perlu ditiupkan. Saya minta bagaimana kreativitas itu dilaksanakan,” imbuhnya.

3. Klinik Bumdes sehat jadi kampanye gerakan hidup sehat

Pertama di Indonesia, Klinik Pratama Bumdes Sehat di PatiIDN Times/Humas Pemkab Pati

Pembuatan klinik sehat ini, kata Ganjar adalah pilihan yang cerdas. Apalagi melalui klinik ini dapat menjadikan kampanye gerakan hidup sehat.

 “Satu pikiran adalah mengelola potensi masyarakat. Dan harus ada visi kesehatan yang ada di Pati. Disini ada 159 desa yang menjadi pemegang saham. Maka orientasinya satu sisi adalah profit. Jika berpikir ke depan, maka pemerintah akan terbantu,” ujarnya.

Oleh karena itu, jika di Indonesia baru pertama dan muncul BUMDes sehat, yaitu ada di Pati. Maka perlu disampaikan kepada publik kalau klinik pratama BUMDes sehat ini harus dikembangkan.

Baca Juga: Alun-Alun Baru Pati Akan Dibuka Bersamaan Dengan Rekor MURI Minum Kopi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya