Ratusan Ribu Bibit Petai dan Jengkol Ditanam di Hutan Sosial Pati

Antisipasi bencana banjir

Pati, IDN Times - Ratusan ribu bibit tanaman kebun di tanam di lokasi penanaman izin pemanfaatan hutan perhutanan sosial (IPHPS) di Desa Sukobubuk Kecamatan Margorejo, Pati. Penanaman ini dalam rangka untuk langkah awal mencegah terjadi bencana banjir.

Penanaman ini dilakukan oleh Bupati Pati Haryanto bersama Kepala BPDASHL Pemali Jratun Rochimah Nugrahini dan Forkopimcam kecamatan Margorejo, Kamis (9/1).

Baca Juga: Wilayah Kecamatan Kayen Pati Diterjang Banjir Bandang

1. Ratuan ribu tanaman petai, jengkol hingga durian ditanam di hutan sosial

Ratusan Ribu Bibit Petai dan Jengkol Ditanam di Hutan Sosial PatiIDN Times/Humas Pemkab Pati

Ada sebanyak 1.265 hektare lahan yang ditanami bibir kebun tersebut. Secara bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Sukobubuk Rejo melakukan penanaman tanaman bibit kebun itu.

Haryanto mengatakan, luas lahan ini sangat luas. Yakni ada sebanyak 1.265 hektare. Oleh karena itu, orang nomor satu di Pati ini mengajak untuk melakukan penghijauan di lahan tersebut. Ada beberapa jenis tanaman yang ditanam. Seperti petai, jengkol, sengon, alupkat, durian dan lainnya.

“Silakan, boleh tumpang sari tetapi harus memperhatikan penghijauan jangan biarkan hutan gundul," kata dia seperti keterangan yang diterima IDN Times, Kami (9/1).

2. Penanaman dapat memperkuat fungsi ekologis hutan

Ratusan Ribu Bibit Petai dan Jengkol Ditanam di Hutan Sosial Patiworld-crops.com

Lebih lanjut Bupati mengatakan, penanaman ini tidak menghilangkan fungsi hutan. Justru kata pria berkumis tebal ini adalah sebaliknya bertujuan untuk memperkuat fungsi ekologis hutan.

"Kalau dibiarkan gundul, hutan tidak bisa menyerap air dengan baik, sehingga setiap hujan lebat akan menyebabkan banjir ke mana-mana. Jangan hanya menyalahkan pemerintah ketika terjadi banjir, tanpa melakukan upaya upaya semacam ini," tutur Haryanto.

3. Diharapkan cegah bencana alam seperti banjir dan tanah longsor

Ratusan Ribu Bibit Petai dan Jengkol Ditanam di Hutan Sosial PatiIstimewa

Oleh karena itu, dirinya berharap dengan adanya penanaman ratusan bibit tersebut, hutan akan lestari. Sehingga, air hujan akan terserap dengan baik dan berbagai bencana alam, di antaranya banjir dan tanah longsor dapat dicegah.

Tidak ketinggalan, Haryanto berpesan agar masyarakat untuk pola hidup bersih, tidak membuang sampah sembarangan terutama di sungai. Apalagi memasuki musim penghujan dimana sampah akan larut terbawa arus sungai.

“Sehingga menyebabkan saluran tersumbat, kemudian berdampak pada tanggul jebol atau saluran irigasi rusak dan menyebabkan banjir,” tandasnya.

Baca Juga: Pati Dikepung Banjir, Bupati Instruksikan Enam Langkah Atasi Bencana

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya