Rusunawa di Kudus Jadi Tempat Karantina Pemudik, Penghuni Waswas

Khawatir bisa tertular virus corona COVID-19

Kudus, IDN Times - Sejumlah warga penghuni rumah susun sewa (rusunawa) yang terletak di Desa Bakalankrapyak Kecamatan Kaliwungu, Kudus, Jawa Tengah merasa was-was. Sebab Pemerintah Kudus akan menjadikan tempat tersebut sebagai lokasi karantina pemudik yang datang ke Kota Kretek.

1. Penghuni Rusunawa Kudus was-was dengan kedatangan pemudik

Rusunawa di Kudus Jadi Tempat Karantina Pemudik, Penghuni WaswasIDN Times/Aji

Jika hal itu terwujud, penghuni rusunawa meminta kepada Pemkab Kudus agar dibuatkan jalur khusus bagi para pemudik, agar tak berbaur atau menggunakan jalur yang sama dengan penghuni.

Salah satu penghuni Rusunawa, Zuliati mengatakan, was-was dengan kebijakan tersebut. Mereka justru merasa khawatir, apalagi para pemudik ini datang dari wilayah terpapar virus corona.

“Kalau ndak bawa penyakit sih ndak papa. Tapi kalau bawa penyakit kan jadi masalah,” ujar dia saat ditemui IDN Times, Kamis (2/4).

Saat ini, imbuh Zuliati, mengaku sudah disuruh pindah oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus. Ia dipindah dari gedung rusunawa TB IV ke gedunng TB III per Kamis (2/4).

“Karena kemarin, suratnya itu Rusunawa yang ini mau dibuat warga yang terkena gusuran. Ini kok malahan dibuat karantina. Jadi was-was,” ungkap dia.

Baca Juga: 3 Hari, 524 Pemudik Jabodetabek Padati Kudus, Dampak Virus Corona

2. Pemkab harus perhatikan juga warga penghuni Rusunawa

Rusunawa di Kudus Jadi Tempat Karantina Pemudik, Penghuni WaswasIDN Times/Aji

Senada dengan Zuliati, penghuni lain Zusyati turut was-was dengan rencana tersebut. Ia meminta kepada Pemkab Kudus untuk memberikan solusi terbaik, sehingga warga pengguni rusunawa tak tertular virus tersebut.

“Merasa was-was iya. Tetapi menjadi warga yang baik harus manut. Tapi pemerintah harus memberikan seperti pelindungan kepada kami. Seperti nantinya ada jalur khusus bagi pemudik ini. Biar tidak berkumpul dengan warga penghuni,” jelasnya.

3. Pemkab sediakan tempat karantina pemudik yang datang ke Kudus

Rusunawa di Kudus Jadi Tempat Karantina Pemudik, Penghuni WaswasIDN Times/Aji

Pemkab sendiri akan mengantisipasi adanya lonjakan pemudik yang datang ke Kudus. Salah satunya dengan penyiapan beberapa tempat yang akan digunakan untuk karantina para pemudik. Selain rusunawa, gedung pesanggrahan dan tempat balai latihan kerja di Kudus juga bakal dijadikan sebagai tempat karantina.

“Kita punya gedung balai latihan. Kemudian gedung pesanggrahan di Colo dan rusunawa. Itu bisa menampung ribuan pemudik yang datang ke Kudus,” kata dia kepada wartawan di pendapa Kabupaten Kudus, Kamis (2/4).

Hartopo menambahkan, para pemudik yang datang ke Kudus nantinya akan langsung dikarantina selama 14 hari. Baru kemudian diperbolehkan pulang ke desa asalnya.

“Mereka nanti akan mendapatkan makanan dan jaminan medis. Pemkab yang menjaminnya,”pungkas dia.

Baca Juga: Hore, Sebanyak 22 PDP COVID-19 di Kudus Dinyatakan Negatif

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya