Tumpukan Sampah Sebabkan Limpasan Air di Jalur Pantura, Macet 4 Km

Jalan Pantura dan Permukiman warga terdampak

Kudus, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus menyebutkan tumpukan sampah di sungai menjadi penyebab terjadinya luapan air yang berdampak di Jalan Pantura Kudus – Pati dan permukiman warga di Desa Pladen Kecamatan Jekulo. Ditambah lagi kondisi sungai yang mengalami pendakalan.

Baca Juga: Lalu Lintas Jalur Pantura Kudus-Pati Tersendat Luapan Banjir Bandang

1. Sumbatan sampah menumpuk di Sungai desa setempat pemicu meluapnya air

Tumpukan Sampah Sebabkan Limpasan Air di Jalur Pantura, Macet 4 KmIDN Times/Istimewa

Kepala BPBD Kudus Bergas Catur Penanggungan mengungkapkan, untuk penyebab luapan air di Jalan Pantura Kudus – Pati terjadi pada Senin (30/12) kemarin pertama karena sampah yang menyumbat di Jembatan Timur SPBU Desa Klaling Kecamatan Jekulo. Kedua belum adanya tanggul atau tembok penahan luapan air sungai di pojok timur bagian selatan pangkalan truk.

“Hal ini kemudian saat turun hujan deras menyebabkan air meluap ke jalan pantura Kudus – Pati,” terang dia dalam keterangan tertulis.

 

2. Sampah kayu besar yang hanyut ke sungai

Tumpukan Sampah Sebabkan Limpasan Air di Jalur Pantura, Macet 4 KmIDN Times/Istimewa

Sedangkan untuk lokasi di permukiman warga di Desa Pladen Kecamatan Jekulo luapan air disebabkan karena sampah dan kayu besar hanyut dan menyumbat jembatan di Desa Pladen Kecamatan Jekulo.

“Lalu ditambah sedimentasi sungai dan tanggul sungai di sebelah selatan yang rendah,” kata dia.

Atas kejadian itu sebelumnya Jalan Pantura Kudus – Pati mengalami macet kurang lebih 4 km. Sedangkan untuk korban nihil. Hanya, puluhan sepeda motor jatuh terpelesat saat melintas di jalan tersebut.

“Kerugian luka ringan,” paparnya.

Sementara itu, di Desa Pladen Kecamatan Jekulo limpasan air menggenangi jalan dan halaman permukiman warga. Ketinggian air mencapai 10 cm. Ada sebanyak empat rumah yang kemasukan air dan ketinggian lumpur 3-5 cm.

“Korban jiwa nihil,” katanya.

3. Pihak terkait akan segera gotong royong penanggulan sungai sementara

Tumpukan Sampah Sebabkan Limpasan Air di Jalur Pantura, Macet 4 KmIDN Times/Istimewa

Terkait dengan penanganan, pihaknya kemarin sudah langsung melakukan penanganan. Mulai dari pembersihan lokasi Jalan Pantura dan Jalan di Dukuh Jawik Desa Pladen yang dilaksanakn oleh BPBD, Relawan, Damkar PolPP.

“Hasil Koordinasi wilayah (Camat Jekulo dan Kades Pladen) rencana segera akan dilaksanakan giat gotong royong penanggulan sementara dengan sak,” pungkasnya.

Baca Juga: Wisata Pantai Batam Sari, Liburan Murah Kota Tegal di Jalur Pantura

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya