Diguyur Hujan 3 Jam, Kota Makkah Dilanda Banjir dan Hujan Es

Jemaah umrah memanfaatkan momen ini untuk berdoa di Ka'bah

Jakarta, IDN Times - Kota Makkah, Arab Saudi diguyur hujan deras selama kurang lebih tiga jam mulai sekitar pukul 14.00 hingga 16.00 Waktu Arab Saudi, pada Selasa (27/4/2021). Akibatnya, kota suci dilanda banjir di sejumlah jalanan.

Menurut sumber IDN Times di Makkah, hujan tak hanya menyebabkan banjir tapi juga hujan es. Sementara, di sejumlah media sosial seperti Twitter, warganet juga ramai mengunggah foto dan video kondisi banjir serta hujan es.

Baca Juga: Kisah Umar bin Khattab, Sahabat Rasulullah Berjuluk Singa Padang Pasir

1. Hujan berlangsung sekitar tiga jam dan menyebabkan banjir hingga hujan es

Diguyur Hujan 3 Jam, Kota Makkah Dilanda Banjir dan Hujan EsSuasana hujan saat salat ashar di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Selasa (27/4/2021). (Tangkapan layar kanal YouTube Makkah Live)

Menurut sumber IDN Times yang enggan menyebutkan namanya di Kota Makkah, hujan deras mengguyur kota suci selama kurang lebih tiga jam.

"Iya tadi siang jam 14.00 atau habis zuhur," ujar dia.

Dia juga membenarkan kabar adanya banjir dan hujan es di Makkah. "Bener, bukan hoax," tulis dia melalui pesan singkat.

2. Banjir menyebabkan kendaraan tidak dapat melintas

Sementara, dari kiriman video yang diunggah warganet di Twitter, banjir menyebabkan kendaraan roda empat maupun roda dua tidak dapat melintas di jalanan. Dari tayangan video yang beredar, sejumlah warga juga terpaksa dievakuasi.

Selain itu, beberapa warga juga terlihat membersihkan genangan air yang masuk ke rumah mereka.

Unggahan video lain juga terlihat terjadi hujan es di Masjidil Haram. Seperti yang diunggah pemilik akun  Twitter @saleh_alazzaz.

"The rains of today in the Holy Mosque in Makkah," cuit dia, empat jam yang lalu.

Dalam video yang diunggah, Saleh juga menyertakan video banjir di Kota Makkah yang mencapai ketinggian roda mobil sedan. 

3. Jemaah di Masjidil Haram memanfaatkan momen langka ini untuk berdoa dia depan Ka'bah

Diguyur Hujan 3 Jam, Kota Makkah Dilanda Banjir dan Hujan EsSuasana hujan saat salat ashar di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Selasa (27/4/2021). (Tangkapan layar kanal YouTube Makkah Live)

Sementara, seperti siaran langsung kanal YouTube Makkah Live, jemaah umrah yang sedang melaksanakan tawaf memanfaatkan momen langka ini untuk berdoa di depan Ka'bah.

Bahkan, tidak sedikit jemaah yang memilih salat ashar di depan Ka'bah saat hujan turun tanpa memakai payung. Jemaah umrah juga tetap melaksanakan tawaf meski hujan deras mengguyur masjid terbesar di dunia itu.

Baca Juga: 7 Potret Masjidil Haram Diguyur Hujan Deras di Pertengahan Ramadan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya