Belasan Rumah di Kebumen Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang

Rumah warga rusak ringan dan satu rusak berat

Kebumen, IDN Times - Belasan rumah warga Desa Pengaringan dan Desa Watulawang Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen diterjang angin kencang disertai hujan lebat pada Sabtu sore (07/11).Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini, namun 11 rumah rusak.

"Peristiwa ini berlangsung begitu cepat. Hujan lebat disertai angin kencang menyapu rumah-rumah penduduk di Desa Pengaringan dan Desa Watulawang hingga menyebabkan belasan rumah penduduk setempat rusak," kata Kapolsek Pejagoan AKP R. Widiyanta.

Baca Juga: Catat! Ini yang Perlu Kamu Lakukan saat Terjadi Angin Puting Beliung

1. Sebanyak 11 rumah rusak

Belasan Rumah di Kebumen Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin Kencangistimewa

Dari hasil pantauan yang dilakukan anggota Polsek Pejagoan ada setidaknya 11 rumah yang mengalami kerusakan akibat hujan dan angin tersebut.

"Kami dari Polsek Pejagoan melakukan pendataan untuk dilaporkan ke BPBD, dari hasil pemantauan ada 10 rumah warga yang mengalami rusak ringan, dan satu rumah warga rusak berat," ujar Aiptu Yulianto, anggota Polsek Pejagoan.

Selain merusak rumah, hujan deras dan angin kencang juga menumbangkan puluhan pohon. Untuk sementara waktu aliran listrik di Kecamatan Pejagoan dipadamkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Warga dan aparat gelar kerja bakti

Belasan Rumah di Kebumen Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin KencangAtap rumah warga beterbangan diterjang angin kencang.IDN Times/Daruwaskita

Pada Minggu (8/12), anggota Polsek Pejagoan bersama anggota Koramil Pejagoan dan warga menggelar kerja bakti mengevakuasi reruntuhan rumah yang tertimpa pohon. Kerja bakti dilakukan di Desa Peniron, Watulawang dan Pengaringan yang terdampak hujan dan angin kencang.

Kapolsek Pejagoan AKP R. Widiyanto mengatakan kegiatan kerja bakti ini salah satu program kerja Kapolda Jateng yaitu Jogo Wargo Jogo Negoro.

"Kerja bakti ini merupakan salah satu program Kapolda Jateng yaitu Jaga Wargo Jaga Negoro, siang ini Polres Kebumen bersama anggota Polsek Pejagoan dan warga membersihkan puing-puing pascahujan lebat dan angin kencang di Desa Peniron Kecamatan Pejagoan," ujar Kapolsek Pejagoan.

3. Warga diminta waspada bencana

Belasan Rumah di Kebumen Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin KencangIDN Times/Rudal Afgani

Ia berharap kegiataan ini bisa meringankan beban para korban dan mempercepat pemulihan keadaan pascabencana.
“Tetap waspada terhadap perubahan cuaca dan kondisi di wilayah Kebumen, karena biasanya pergantian musim akan mendatangkan angin dan hujan lebat. Perbanyak juga doa dan istighfar untuk menjauhkan kita dari berbagai macam musibah,” ujar dia

Baca Juga: Angin Ribut Terbangkan Tenda di Jepara, Peserta Pameran Trauma

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya