Cari Batu Akik Malah Ketemu Granat, Gino Buru-buru ke Koramil

Langsung diledakan tim jihandak Brimob Banyumas

Purbalingga, IDN Times - Gino Purwodikondho (40) warga Kelurahan Kedungmenjangan, Kecamatan Purbalingga menemukan granat aktif di Sungai Klawing Kelurahan Bancar RT 06 RW 03 Kecamatan Purbalingga, Selasa (7/1). Gino menemukan granat nanas ketika mencari batu Klawing untuk bahan membuat batu akik.

1. Ditemukan warga yang sedang mencari bahan akik

Cari Batu Akik Malah Ketemu Granat, Gino Buru-buru ke KoramilIstimewa

Gino turun ke Sungai Klawing pukul 10.00 WIB yang sedang surut. Di antara bebatuan, ia menemukan benda berbentuk bulat. Semula benda itu ia kira roda kaki kulkas. Namun setelah dicermati, ia baru sadar benda itu aadalah granat.

"Saya langsung taruh lagi, terus saya menghubungi Koramil," kata Gino.

Anggota Koramil 01 Purbalingga yang menerima laporan kemudian mendatangi lokasi. Setelah memastikan benda itu granat yang masih aktif, mereka menghubungi Polsek Kota Purbalingga.

2. Polres Purbalingga mendatangkan Tim Jihandak Brimob Banyumas

Cari Batu Akik Malah Ketemu Granat, Gino Buru-buru ke KoramilIstimewa

Kapolsek Purbalingga, AKP Subagio, yang datang bersama anggotanya mensterilkan lokasi penemuan granat dari warga. Anggota Polsek Purbalinga kemudian memasang garis polisi melingkar di sekitar granat.

"Kami kemudian berkoordinasi dengan Polres Purbalingga dan akhirnya mendatangkan Tim Jihandak Brimob Banyumas untuk mengevakuasi granat tersebut," ujar dia.

3. Granat diledakkan di tepi sungai

Cari Batu Akik Malah Ketemu Granat, Gino Buru-buru ke KoramilIstimewa

Tim Jihandak Kompi BRIMOB BS Banyumas mengevakuasi granat itu dan kemudian meledakkannya di tepi sungai. Tim Jihandak meledakkan granat dengan TNT hingga menyisakan serpihannya.

Menurut Tim Jihandak, granat mangis itu diproduksi Jerman pada tahun 1942. Granat itu ditemukan dalam kondisi telah berkarat, namun masih aktif. Diduga granat itu sisa perang kemerdekaan Indonesia.

"Pada pukul 14.25 WIB, pemeriksaan dan penangan granat yang dilakukan Tim Jihandak dari Kompi Brimob Banyumas berjalan dengan lancar dan aman," kata dia.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya