Cegah Anak Kecanduan Gadget, Polres Kebumen Dirikan Rumah Baca

Akan dibangun di tiap Polsek

 

Kebumen, IDN Times - Anak-anak Desa Lundong, Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, kini memiliki rumah baca. Rumah baca ini dimanfaatkan anak-anak sekitar untuk belajar sambil menunggu waktu azan Magrib setelah mengaji.

 

Baca Juga: Belasan Rumah di Kebumen Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang

1. Manfaatkan rumah anggota Polres Kebumen

Cegah Anak Kecanduan Gadget, Polres Kebumen Dirikan Rumah Bacapexels.com/lum3n.com

Adalah rumah Aiptu Muadin, Kasium Polsek Kutowinangun yang disulap menjadi taman baca bagi anak-anak di sekitar tempat tinggalnya.

Aneka jajanan pun disuguhkan ayah dua anak ini agar anak-anak semakin betah membaca di rumahnya yang dibuka mulai hari Senin (9/12) itu.

Buku bacaan pun bervariasi. Mulai dari cinta Pancasila hingga buku cerita bergambar disiapkan untuk menarik minta baca anak.

Rumah baca yang dibuat Aiptu Muadin adalah gagasan Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, sebagai penjabaran perintah Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel melalui program "Jogo Wargo Jogo Negoro".

Dari rumah baca ini pula diharapkan bisa mencegah faham radikalisme sejak dini karena banyak buku tentang kerukunan umat beragama di dalamnya.

2. Akan dibuat di tiap polsek

Cegah Anak Kecanduan Gadget, Polres Kebumen Dirikan Rumah BacaPexels.com/Caio Resende

Rudy mengatakan, rumah baca rencananya akan dibuat sebanyak mungkin untuk merangsang minat baca anak-anak. Dalam waktu dekat, seluruh Polsek akan membuat rumah baca di tempat-tempat strategis.

"Ini juga untuk mengurangi anak-anak bermain gadget. Rencananya akan kami buat rumah baca di banyak tempat, di semua Polsek jajaran Polres Kebumen," ujar dia, Selasa (10/12).

Melalui program rumah baca ini, ia berharap bisa menjadikan pelayanan Polres Kebumen menjadi lebih ramah, cerdas dan kondusif. Ramah artinya Polres Kebumen selalu bersikap ramah kepada siapapun melalui kegiatan pendekatan kepada masyarkat.

Selanjutnya cerdas artinya mencerdaskan dan bersikap cerdas dalam menyelesaikan permasalahan. Selanutnya kondusif ialah setelan Polres Kebumen dekat dengan masyarkat, dapat tercipta situasi yang kondusif.

3. Tumbuhkan perilaku gemar membaca

Cegah Anak Kecanduan Gadget, Polres Kebumen Dirikan Rumah Bacapopmama.com

Selain di kediaman Aiptu Muadin, rumah baca juga dibuat di Balai Desa Kuwayuhan, Kecamatan Pejagoan. Pada peresmian rumah baca ini, Kapolsek Pejagoan, AKP R. Widiyanta dan Bhabinkamtibmas Polsek Pejagoan turut hadir.

Widiyanta mengatakan, rumah baca itu dibuka untuk umum. "Semoga rumah baca ini bermanfaat bagi masyarkat luas. Kami berharap nantinya anak-anak akan gemar membaca," kata dia.

Baca Juga: 5 Cara Menularkan Semangat Membaca Pada Anak, Biar Wawasannya Luas! 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya