Jelang Imlek 2020, Polres Kebumen Bersihkan Klenteng Ratusan Tahun

Klenteng usia ratusan tahun yang dibangun Letnan

Kebumen, IDN Times – Di bawah kepemimpinan AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Polres Kebumen rutin menggelar kerja bakti membersihkan rumah ibadah setiap hari Jumat. Kegiatan bersih-bersih rumah ibadah ini dinamai Jumat Ramah. Pada Jumat Ramah kali ini, Polres Kebumen menyasar Klenteng Kong Hwie Kiong di Jalan Pramuka No. 42 Kebumen.

 

Baca Juga: Puncak Imlek 2020, Harga Tiket Pesawat di Bandara A Yani Naik

1. Klenteng dibangun seorang letnan tahun 1898

Jelang Imlek 2020, Polres Kebumen Bersihkan Klenteng Ratusan TahunAnggota Polres Kebumen membersihkan Klenteng Kong Hwie Kiong menjelang perayaan Imlek 2020 di Jalan Pramuka No. 42 Kebumen, Jumat (24/1). Humas Polres Kebumen

Klenteng Kong Hwie Kiong dibangun oleh Liem Kik Gwan, seorang letnan keturunan Tionghoa pada tahun 1898. Liem Kik Gwan merupakan seorang petugas pengumpul pajak (Kong Sin) bagi orang-orang Tionghoa untuk diserahkan kepada Belanda.

Klenteng dibangun sebagai tempat ibadah warga keturunan Tionghoa yang saat itu jumlahnya cukup banyak. Klenteng yang sudah berumur 122 tahun sejak dibangun pertama kali ini memiliki 15 altar dan 25 patung dewa-dewi.

2. Kerja bakti di klenteng untuk menyambut Imlek

Jelang Imlek 2020, Polres Kebumen Bersihkan Klenteng Ratusan TahunIstimewa

Menjelang perayaan Imlek, warga keturunan Tionghoa akan sangat sibuk membersihkan dan menghias kelenteng agar semakin meriah. Untuk meringankan kesibukan itu, personel Polres Kebumen setelah apel pagi diarahkan menuju ke klenteng untuk bekerja bakti, Jumat (24/1).

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan memimpin langsung kerja bakti bersama anggotanya. Berbekal sapu, kain pel, hingga kemoceng mereka membersihkan halaman kelenteng serta sudut ruangan dari sampah dan debu yang menempel.

Daun-daun kering yang berserakan di halaman depan dikumpulkan selanjutnya dibakar agar tidak menyisakah  sampah. Rudy mengatakan, kegiatan ini juga untuk menyambut tahun baru Imlek 2020.

"Kami ingin berbagi dengan warga keturunan Tionghoa dengan membersihkan klenteng. Semoga perayaan Imlek yang akan digelar berlangsung nyaman dan sehat," kata Rudy.

3. Penjaga klenteng mengaku sangat terbantu

Jelang Imlek 2020, Polres Kebumen Bersihkan Klenteng Ratusan TahunIDN Times/Arief Rahmat

Penjaga Kelenteng Ismanto (66) menyambut gembira apa yang dilakukan Polres Kebumen. Ia mengaku terbantu dengan kedatangan puluhan personel Polres Kebumen yang ikut membersihkan rumah ibadahnya.

"Sangat senang dan sangat membantu, semua menjadi bersih," kata Ismanto sambil tersenyum.

Baca Juga: 5 Shio Ini Karirnya Diramalkan Melejit di Tahun Baru Imlek 2020

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya