Comscore Tracker

Karnaval Pertunjukan Seni dan Busana Unik Banyumas Wera Dihelat Besok

Diikuti 51 peserta


Banyumas, IDN Times - Buat kamu yang masih bingung ke mana akan berlibur akhir pekan ini, kamu bisa memimilih datang ke Purwokerto. Sebab, di Kota Mendoan ini bakal dihelat event budaya sekaligus wisata Banyumas Wera.

Pada event ini, kamu bisa menyaksikan peragaan busana unik dan penampilan kelompok kesenian khas Banyumasan.

Baca Juga: Sambut Natal, Ribuan Umat Kristiani Salatiga Pawai Bertopi Sinterklas

1. Karnaval Banyumas Wera bakal dimeriahkan oleh 51 peserta

Karnaval Pertunjukan Seni dan Busana Unik Banyumas Wera Dihelat BesokJogja Fashion Carnival 2019_Istimewa/Dinas Pariwisata DIY

Agenda wisata karnaval jalanan Banyumas Wera yang dahulu bernama Banyumas Extravaganza akan kembali digelar pada Minggu (15/12). Sebanyak 51 peserta akan meramaikan karnaval jalanan yang menurut rencana akan diberangkatkan dari depan Gedung Bioskop Rajawali pukul 08.00 WIB dan finis di Alun-alun Purwokerto.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Asis Kusumandani mengatakan, meskipun mengalami perubahan nama, konsep dasar pertunjukkan tidak berubah. Justru pada penyelenggaraan tahun ini lebih banyak melibatkan seniman.

"Konsepnya kali ini batik Banyumasan. Tahun depan kita persiapkan konsep yang lebih menarik," ujar Asis.

2. Perubahan nama lebih lokal

Karnaval Pertunjukan Seni dan Busana Unik Banyumas Wera Dihelat BesokJogja Fashion Carnival 2019_Istimewa/Dinas Pariwisata DIY

Asis berharap perubahan nama itu mengakhiri polemik, karena Banyumas Ekstravaganza dianggap mengekor festival di daerah lain, keinggris-inggrisan dan lain sebagainya. Pemilihan nama “Banyumas Wera” menurut Asis, telah melewati sejumlah pertimbangan dari berbagai pihak dan dianggap lebih mewakili budaya Banyumas.

"Wera itu artinya bagus, bisa juga indah atau elok. Dalam keseharian dalam dialek Banyumas jarang digunakan. Namun beberapa orang masih sering mengucapkan. Contohnya, 'wera pisan lho'," katanya.

3. Peserta mulai dari pelajar hingga BUMD

Karnaval Pertunjukan Seni dan Busana Unik Banyumas Wera Dihelat BesokJogja Fashion Carnival 2019_Istimewa/Dinas Pariwisata DIY

Kepala Bidang Kebudayaan Dinporabudpar Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko mengatakan, sebanyak 51 kelompok telah mendaftarkan diri sebagai peserta event Banyumas Wera besok. Mereka akan dibagi menjadi tiga kelompok, kelompok A sebanyak 16 peserta yang berasal dari perguruan tinggi dan pelajar SMP, SMA dan SMK.

“Kelompok B sebanyak 27 peserta yang berasal dari utusan kecamatan sedangkan kelompok C adalah perusahaan dan umum. Ada juga peserta eksibisi yang akan mengawali kelompok C dari Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto,” kata Jatmiko.

Baca Juga: Wisata Recommended di Purwokerto! Safari Offroad di Baturraden

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya