Ketua Golkar Purbalingga Nyalon Bupati Lewat PDIP 

Butuh koalisi karena tak cukup kursi

 

Purbalingga, IDN Times - Partai Golkar menjajaki koalisi dengan PDI Perjuangan di Pilkada Purbalingga 2020. Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Purbalingga Sudono mengambil formulir pendaftaran bakal calon Bupati Purbalingga di DPD PDI Perjuangan Jateng, Selasa (10/12).

Baca Juga: Anggota DPRD Solo Nekad Daftar Lewat PDIP Jateng, Ini Kata Rudy

1. Sudono utus anak mengambil formulir

Ketua Golkar Purbalingga Nyalon Bupati Lewat PDIP Pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga dari PDIP Dok PDIP

Sudono mewakilkan anaknya, Adi untuk mengambil formulir pendaftaran. Rencananya Sudono akan mengembalikan formulir pada hari Rabu (11/12) atau Kamis (12/12).
“Saya mengambilkan formulir untuk ayah saya Sudono Ketua DPD partai Golkar Purbalingga,” ujar Adi usai pengambilan formulir.

Adi mengatakan, Sudono ikut dalam penjaringan bakal calon Bupati di PDI Perjuangan karena Partai Golkar Kabupaten Purbalingga tidak bisa mengusung calon sendiri melainkan harus berkoalisi dengan partai lain. “Kursi Partai Golkar di Purbalingga hanya tujuh. Kami mau berkoalisi dengan PDI Perjuangan,” kata dia.

2. Masih harus melengkapi persyaratan

Ketua Golkar Purbalingga Nyalon Bupati Lewat PDIP Ketua Pendaftaran DPD PDIP Jateng, Abang Baginda Hasibuan. Dok. DPD PDIP Jateng

Sudono membenarkan bahwa ia mendaftar bakal calon Bupati Purbalingga ke PDI Perjuangan. Namun ia tak menjelaskan apakah ia mendaftar sebagai bupati atau wakil bupati.

"Saya serahkan ke partai, etikanya kan begitu," kata dia melalui sambungan telepon.
Ia mengatakan masih melengkapi persyaratan. Sebab, kata dia, masih ada persyaratan yang belum terpenuhi. namun, ia enggan menyebut syarat apa yang belum terpenuhi.

3. Kepala Bakeuda Purbalingga daftar menjadi cawabup dari PDIP

Ketua Golkar Purbalingga Nyalon Bupati Lewat PDIP Suasana markas DPD PDIP Jateng. IDN Times/Fariz Fardianto

Selain Sudono, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Purbalingga Subeno juga mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon wakil bupati Purbalingga tahun 2020 ke DPD PDIP Jateng. Pengambilan formulir dilakukan Ketua PAC PDIP Kecamatan Mrebet Wasis Sulistyo Adi, Selasa (10/12).


“Hari ini saya kembalikan. Mohon dukungan. Saya mendaftar sebagai Cawabup melalui PDIP,” kata Subeno. Ia mengatakan, selanjutnya ia akan mengikuti mekanisme yang ada. “Saya mohon dukungannya. Saya maju karena mendapatkan amanat dari sesepuh PDIP untuk maju. Soal rekomendasi saya serahkan kepada DPP PDIP,” kata dia.

4. Dua calon bupati dan dua calon wakil bupati mendaftar di DPC PDIP

Ketua Golkar Purbalingga Nyalon Bupati Lewat PDIP IDN Times/Rudal Afgani

Panitia penjaringan bakal calon Bupati/Wakil Bupati DPD PDI Perjuangan Jateng Moch Ikhwan mengatakan, untuk Purbalingga, sampai saat ini yang sudah ikut dalam penjaringan ada dua orang bakal calon bupati dan dua orang bakal calon wakil bupati.

Mereka ikut penjaringan di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Purbalingga.
“Yang untuk bakal calon Bupati Dyah Pratiwi dan Mas Catur. Sedangkan untuk bakal calon Wakil Bupati ada Ken Ragil Turyono dan Iwan,” kata dia.Rencananya, kata Ikhwan, masih ada beberapa orang yang akan mengambil formulir di DPD PDI Perjuangan Jateng pada hari ini atau Kamis besok.

Sementara itu Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengatakan ia telah mendaftarkan diri ke DPC PDIP Purbalingga sebagai bakal cabup. Oleh karena itu dia tak perlu lagi mendaftar sebagai bakal cabup saat pendaftaran di DPD PDIP Jateng.

5. PDIP terbuka untuk berkoalisi

Ketua Golkar Purbalingga Nyalon Bupati Lewat PDIP Lambang PDIP. IDN Times/Fariz Fardianto


Terkait strategi di Pilkada Purbalingga 2020, Ketua DPC PDIP Kabupaten Purbalingga HR Bambang Irawan mengatakan, partainya sangat terbuka untuk berkoalisi dengan parpol lain. Ia akan membuka diri dengan parpol yang memiliki visi sama untuk bersama membangun Purbalingga.


“Dari hasil penjaringan, DPP yang akan memberikan rekomendasi siapa yang akan kita usung di Pilkada 2020 dan wajib dimenangkan,” kata dia.

Baca Juga: Daftar Calon Wali Kota, Gibran Dikawal 20 Bus Berisi Ratusan Relawan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya