Longsor di Banyumas, 4 Pohon Tumbang Nyaris Timpa Rumah Warga

Longsoran Tanah Sumbat Aliran Sungai

Banyumas, IDN Times - Setelah hujan lebat pada Minggu sore (15/12), tebing di Desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas longsor malam harinya, tepatnya pada pukul 20.00 WIB.

Tebing yang longsor menumbangkan pohon albasia hingga nyaris menimpa rumah warga. Tidak ada korban jiwa pada kejadian ini.

 

Baca Juga: Cuaca Jateng Hari Ini, Hujan Lebat dan Angin Kencang Hampir Merata

1. Struktur tanah gembur dan rentan longsor

Longsor di Banyumas, 4 Pohon Tumbang Nyaris Timpa Rumah WargaSetelah hujan lebat pada Minggu sore (15/12), tebing di Desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas longsor malam harinya, tepatnya pada pukul 20.00 WIB. Dok Tagana Banyumas

Hujan lebat yang mengguyur Desa Babakan sehari sebelumnya menyebabkan tanah milik Kirno (35) warga RT 03 RW 09 Desa Babakan longsor. Tipikal tanah yang gembur membuat tebing menjadi rawan terhadap longsor.

"Struktur tanah yang sangat gembur, rentan sekali mengalami longsor lanjutan apabila terjadi hujan lebat," kata Koordinator Tagana Banyumas, Ady Candra.

2. Pohon tumbang nyaris timpa rumah warga

Longsor di Banyumas, 4 Pohon Tumbang Nyaris Timpa Rumah WargaDok. IDN Times/ istimewa

Selain itu, tanah longsor juga memicu beberapa pohon tumbang. Sebanyak empat pohon di antaranya pohon alba roboh melintang jalan. Pohon ini menggantung tepat di atas rumah Romli warga RT 03 RW 09 Desa Babakan.

"Ada rumah yang hampir tertimpa pohon,” kata dia.

3. Material longsor tutup Sungai Gowong

Longsor di Banyumas, 4 Pohon Tumbang Nyaris Timpa Rumah WargaTimbunan longsor di Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu KBB. (IDN Times/Bagus F)

Material longsor juga menutup separuh Sungai Gowong yang berada di dasar tebing. Material longsor tebing sepanjang 15 meter berpotensi menyumbat aliran Sungai Gowong jika tidak ada penanganan lebih lanjut.

Tagana Kabupaten Banyumas bersama dengan Perangkat Desa Babakan, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas,  Bhabinkamtibmas Polsek Karanglewas, Babinsa Koramil Karanglewas dan warga sekitar menebang pohon yang melintang di jalan penghubung antara Grumbul Kalibamban menuju Desa Singasari.

Setelah berhasil dievakuasi, jalur penghubung antara Grumbul Kalibamban Desa Babakan menuju Desa Singasari kembali aman dan lancar. "Kami imbau masyarakat lebih waspada terhadap cuaca ekstrem seperti yang terjadi beberapa hari terakhir," ujar dia.

Baca Juga: 22 Daerah di Jateng Disapu Puting Beliung,  Kerugian Mencapai Rp6,6 M

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya