Warga di Kebumen Terkejut ada Granat di Saluran Irigasi

Ditemukan warga saat kerja bakti

Kebumen, IDN Times - Warga Desa Sumberadi di Kebumen, Jawa Tengah menemukan benda yang diduga granat saat kerja bakti membersihkan saluran irigasi desa setempat. 

Baca Juga: Konyol, Pria Ini Tewas Usai Tarik Pin Granat & Memotretnya

1. Ditemukan warga yang sedang bersih-bersih saluran irigasi

Warga di Kebumen Terkejut ada Granat di Saluran IrigasiIstimewa

Penemuan granat yang diperkirakan masih bisa meledak itu kali pertama ditemukan Miftahudin (45) saat ia bersama warga setempat melakukan bersih-bersih irigasi pada bulan November. 

 

2. Saat ditemukan granat dalam keadaan terlilit kawat

Warga di Kebumen Terkejut ada Granat di Saluran IrigasiFoto hanya ilustrasi. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Benda yang diperkirakan peninggalan perang kemerdekaan itu segera dipindahkan ke tempat yang aman di bawah pohon pisang pekarangan milik Jumadi. Warga selanjutnya melaporkan  ke Polsek Kebumen pukul 19.30 WIB, Sabtu (21/12).

"Setelah kita datang ke TKP, kami langsung memasang garis polisi. Benda itu sudah berkarat dan dililit kawat. Saat ini sudah diamankan," jelas Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melalui Kapolsek Kebumen AKP Hari Harjanto.

3. Granat akan dimusnahkan

Warga di Kebumen Terkejut ada Granat di Saluran IrigasiPixabay.com/GooKingSword

AKP Hari mengatakan, dalam waktu dekat granat itu akan dimusnahkan agar tidak membahayakan. 

Granat tangan atau granat genggam disebut juga granat nanas adalah bom yang digenggam dan dilemparkan dengan menggunakan tangan.

Istilah granat ini berasal dari bahasa Prancis Kuno dari kata (pome) grenate (pomegranate: buah delima), buah yang ukurannya mirip dengan granat genggam versi awal, dan karena kandungan serpihan granat tangan juga mirip dengan biji dalam buah itu.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya