Comscore Tracker

Hujan Meteor di Bulan Ramadan, 5 Fenomena Langit Sepanjang Mei 2020

Beberapa fenomena alam ini tidak akan terulang lagi

Memasuki bulan Mei 2020, yang juga berbarengan dengan bulan Ramadan 1441 H ada berbagai fenomena langit yang sayang untuk dilewatkan. Fenomena langit mulai dari hujan meteor hingga supermoon akan bisa kalian lihat pada malam-malam bulan Ramadan ini.   

Lembaga Pener­bangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) membagikan beberapa fenomena langit yang bisa disaksikan sepanjang Mei ini. Yuk simak dan catat tanggalnya, ya!

Baca Juga: Langit Berwarna Ungu di Semarang Pertanda Bencana? Ini Faktanya 

1. Hujan meteor eta aquarids (4-5 Mei)

Hujan Meteor di Bulan Ramadan, 5 Fenomena Langit Sepanjang Mei 2020cbc.ca

Hujan meteor menjadi fenomena langit yang banyak ditunggu masyarakat dan juga para astronom. Kali ini, kamu bisa menyaksikan hujan meteor bernama eta aquarids pada tanggal 4-5 Mei mendatang. Catat ya!

2. Konjungsi superior merkurius (5 Mei) 

Hujan Meteor di Bulan Ramadan, 5 Fenomena Langit Sepanjang Mei 2020pexels.com/kush-kaushik

Merkurius akan berpapasan dekat dengan Matahari di langit. Hal ini akan membuat planet menghilang dan tidak akan tampak bagi pengamat di Bumi. Ketika Merkurius sedang berada pada posisi terjauhnya dari Bumi, ia akan berada pada jarak 1,32 AU dari Bumi. 

3. Supermoon terakhir (7 Mei)

Hujan Meteor di Bulan Ramadan, 5 Fenomena Langit Sepanjang Mei 2020Instagram.com/joycecoolingmusic

Bulan akan terletak di belakang Bumi bila dilihat dari Matahari dan wajahnya akan sepenuhnya diterangi cahaya Matahari. Bulan akan berada pada posisi terdekatnya ke Bumi. Fase ini terjadi pukul 17:45 WIB. Adalah supermoon terakhir pada 2020. 

4. Bulan baru (23 Mei)

Hujan Meteor di Bulan Ramadan, 5 Fenomena Langit Sepanjang Mei 2020pexels.com/rakicevic-nenad

Bulan akan terletak di sisi Bumi yang sama dengan Matahari dan tidak akan terlihat di langit malam. Fase ini terjadi pada pukul 07:39 WIB. Waktu ini adalah waktu terbaik dalam sebulan untuk mengamati benda-benda redup seperti galaksi dan gugusan bintang.

5. Matahari di atas Ka'bah (28 Mei)

Hujan Meteor di Bulan Ramadan, 5 Fenomena Langit Sepanjang Mei 2020pexels.com/pixabay

Fenomena matahari tepat di atas Ka'bah ternyata juga bisa dilihat dari Indonesia. Di Indonesia, matahari yang tepat berada di atas Ka'bah tersebut akan terjadi pada tanggal 28 Mei 2020 pukul 16.18 WIB, dapat disaksikan dari Indonesia bagian barat hingga tengah.

Itulah berbagai fenomena alam yang bisa kita saksikan di langit Indonesia. Jangan sampai terlewat ya, catat tanggalnya ajak keluarga dan sahabat kamu menyaksikan bersama.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Begras Satria di IDN Times Community dengan judul Jangan Terlewat! 5 Fenomena Langit Indonesia Sepanjang Bulan Mei 2020 

Baca Juga: Selain Pelangi, Ini 7 Fenomena Alam di Langit yang Bikin Kamu Takjub 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya