Comscore Tracker

10 Fenomena Langit Langka yang Bikin Takjub di 2020, Catat Tanggalnya!

Jangan lewatkan peristiwa langka ini

Tahun 2020 sejumlah peristiwa langit langka dan menakjubkan bakal terjadi. Dimulai pada Bulan Januari 2020 mendatang, sejumlah fenomena langit yang jarang terjadi bakal menjadi tontonan menarik di tahun 2020. 

Jika tahun 2019 lalu diramaikan dengan berbagai hujan meteor dan gerhana matahari, 2020 pun tak kalah serunya.

Mulai dari konjungsi terbesar, fase bulan terhebat, hingga berbagai hujan meteor besar dapat kamu saksikan sepanjang tahun 2020.  Catat tanggalnya, ya!

Baca Juga: 5 Fenomena Alam Semesta yang Diyakini Dapat Menyebabkan Kiamat, Ngeri!

1. Bulan Januari 2020 terjadi hujan meteor Quadrantid

10 Fenomena Langit Langka yang Bikin Takjub di 2020, Catat Tanggalnya!danstronomy.co.uk

Januari 2020 bakal langsung disambut dengan datangnya fenomena langit hujan meteor Quadrantid. Dilansir dari laman Seasky.org, peristiwa ini layak untuk dinantikan karena Quadrantid termasuk hujan meteor yang besar. Peristiwa hujan metor Quadrantid ini bakal terjadi pada 2-3 Januari 2020. 

Pada puncaknya, kita akan disuguhi lebih dari 100 ‘bintang jatuh’ setiap jam. Kamu hanya perlu mencari lokasinya di konstelasi Bootes yang terletak di langit bagian timur laut.

2. Bulan Maret 2020 Venus bersinar terang

10 Fenomena Langit Langka yang Bikin Takjub di 2020, Catat Tanggalnya!

Pada Maret 2020 kalian yang ingin membuktikan julukan Venus si bintang kejora bakal mendapatkan buktinya. Pada bulan Maret 2020, kamu akan melihat Venus bersinar terang di langit, terutama pada tengah malam hingga dini hari. Ia akan terlihat berwarna putih cerah, di tengah bintang-bintang konstelasi Pleiades. 

3. Bulan April 2020 terjadi fenomena Supermoon

10 Fenomena Langit Langka yang Bikin Takjub di 2020, Catat Tanggalnya!qz.com

Mulai dari Februari hingga Maret, Bulan akan terlihat sangat besar di fase purnama. Namun puncak dari fenomena ini akan terjadi pada 7 April 2020. Fenomena ini memang terjadi setiap tahun, tetapi tetap layak untuk dinantikan.

Pasalnya, Bulan akan terlihat sangat indah saat supermoon terjadi. Peristiwa ini akan mengakibatkan pasang surut air laut yang sangat signifikan.

4. Bulan Juni 2020 terjadi Gerhana matahari tahunan

10 Fenomena Langit Langka yang Bikin Takjub di 2020, Catat Tanggalnya!tadst.com

Setelah gerhana matahari cincin yang terjadi pada 26 Desember lalu, kita baru akan disuguhi peristiwa yang sama pada 21 Juni 2019. Seperti sebelumnya, Bulan akan terlihat 0,6 persen lebih kecil daripada Matahari sehingga terbentuklah cincin di sekitarnya.

Namun sayangnya, Indonesia kemungkinan besar tidak akan bisa melihatnya. Hanya negara di Afrika, Arab Saudi, China, Taiwan, India, Pakistan, dan Filipina yang bisa menyaksikan peristiwa ini.

5. Bulan Agustus 2020 terjadi hujan meteor Perseid

10 Fenomena Langit Langka yang Bikin Takjub di 2020, Catat Tanggalnya!imo.net

Seperti tahun sebelumnya, Perseid termasuk ke dalam salah satu hujan meteor paling hebat. Namun di 2020, peristiwa tersebut akan terlihat jauh lebih baik daripada 2019. Hujan meteor perseid bakal terjadi pada tanggal 12 Agustus 2019

Pasalnya, kita akan disuguhi 100 meteor per jam sekaligus. Setiap meteor yang melintas akan terlihat berkilauan dan meninggalkan jejak-jejak cahaya. Ditambah lagi, saat itu sinar Bulan tidak akan terlalu terang sehingga kita bisa melihat Perseid dengan jelas.

6. Bulan Oktober 2020 Mars terlihat jelas dari Bumi

10 Fenomena Langit Langka yang Bikin Takjub di 2020, Catat Tanggalnya!nationalgeographic.com

Selain Venus, ada planet tetangga lain yang akan menghiasi langit 2020 kita. Ia adalah Mars, sang planet merah. Dilansir dari Almanac, Mars akan berada di oposisi Matahari. Ini membuatnya terlihat bersinar dari Bumi. Sangat terang bahkan melebihi Jupiter yang saat itu juga bisa diamati. 

Waktu terbaik untuk menyaksikan peristiwa ini adalah pada 13 Oktober. Kamu bisa mencari planet merah tersebut di area konstelasi Pisces. Tepatnya pada langit bagian utara. Mars terlihat merah kontras dengan langit dan bintang di sekitarnya. 

7. Bulan Oktober 2020 terjadi fenomena Bulan biru

10 Fenomena Langit Langka yang Bikin Takjub di 2020, Catat Tanggalnya!vox.com

Malam Halloween dihiasi dengan peristiwa yang tak biasa. Pada tanggal 31 Oktober 2019, kamu akan bisa melihat Bulan yang berwarna biru.

Dilansir dari Seasky,.org peristiwa ini terjadi karena Bulan berada di area yang berseberangan dengan Bumi. Hasilnya, sinar Matahari akan membuat ilusi berwarna biru pada permukaannya. 

8. Bulan Desember 2020 terjadi hujan meteor Geminid

10 Fenomena Langit Langka yang Bikin Takjub di 2020, Catat Tanggalnya!sciencenews.org

Geminid adalah hujan meteor paling besar sepanjang tahun. Ia bahkan mengalahkan kehebatan dari Perseid.

Kamu bisa menyaksikan 60 hingga 120 buah meteor setiap jam, ketika ia mencapai puncaknya. Terlebih lagi, pada tanggal 13 hingga 14 Desember nanti, pandanganmu tidak akan terhalang oleh sinar Bulan. 

9. Bulan Desember 2020 terjadi Gerhana matahari total

10 Fenomena Langit Langka yang Bikin Takjub di 2020, Catat Tanggalnya!unsplash.com/Bryan Minear

Selain Geminid, peristiwa lain yang layak disaksikan pada 14 Desember 2020 adalah gerhana matahari total. Pada saat itu, Bulan secara sempurna menghalangi Matahari. Sayangnya, hanya lokasi tertentu yang bisa mengamati peristiwa ini. Di antaranya adalah Amerika bagian selatan, Samudra Pasifik bagian tenggara, dan Samudra Atlantik bagian selatan.

10. Bulan Desember 2020 konjungsi besar antara Jupiter dan Saturnus

10 Fenomena Langit Langka yang Bikin Takjub di 2020, Catat Tanggalnya!hudsonvalleyone.com

Tahun 2020 akan ditutup dengan peristiwa yang menakjubkan. Ia adalah konjungsi besar antara Jupiter dan Saturnus yang hanya terjadi setiap 20 tahun. Pada saat itu, keduanya hanya terpisah jarak dua derajat jika dilihat dari Bumi. Ini merupakan jarak terdekat yang pernah terjadi sejak tahun 1623. 

Itulah peristiwa langit yang akan menghiasi tahun 2020! Catat ya fenomena langit menarik dan menakjubkan yang akan terjadi di tahun 2020. Selamat tahun baru

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Aurora, Pertunjukan Cahaya di Langit Utara

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya