Comscore Tracker

5 Manfaat Ilmiah Jika Kamu Menyukai Warna Hijau

Warna yang identik dengan alam

Hijau adalah sebuah warna yang tercipta dari hasil penggabungan warna dasar kuning dan biru. Warna hijau begitu mudah dijumpai di pohon-pohon sepanjang jalan ketika bepergian, di taman kota dan pekarangan rumah atau kantor.

Gak heran jika warna tersebut selalu dikaitkan dengan alam. Warna hijau juga sering dihubungkan dengan mental yang jernih serta jiwa yang penuh dengan rasa optimisme.

Selain itu, warna hijau juga dapat mempengaruhi kesehatan mental dan pikiran kita. Yuk, kenali warna hijau lebih dekat melalui fakta-fakta berikut ini.

1. Menenangkan syaraf-syaraf yang tegang

5 Manfaat Ilmiah Jika Kamu Menyukai Warna Hijauinstagram.com/medecine.art

Coba deh kalian perhatikan di gedung perkantoran umumnya ada komponen warna hijau di ruangan mereka. Menurut penelitian, warna hijau ini akan memberikan efek menenangkan saraf-saraf otak.

Dengan saraf yang tenang, diharapkan para karyawan akan rileks dan memiliki kinerja yang optimal, sehingga mampu memberikan ide-ide kreatif bagi kemajuan si perusahaan.

Selain itu, studi juga memaparkan, seorang pekerja kantor yang sering melihat warna hijau cenderung lebih mencintai pekerjaan mereka.

2. Mengurangi permasalahan terkait kualitas tidur

5 Manfaat Ilmiah Jika Kamu Menyukai Warna Hijaupixabay.com/tunaolger

Gadget merupakan sebuah barang yang sudah tidak dapat dilepaskan dari genggaman orang-orang masa kini. Dari baru membuka mata, hingga akan memejamkan mata lagi.

Panjang gelombang warna hijau yang dipancarkan oleh gadget, nyatanya menghambat pelepasan hormon melatonin. Sehingga yang awalnya kita merasa ngantuk menjadi tidak mengantuk.

Sehingga, ini akan mengganggu orang tersebut di pagi harinya. Dia akan merasa kurang tidur, karena kualitas tidurnya mengalami penurunan. Memang sebaiknya, jika sudah waktunya tidur, maka langsung tidur saja ya.

Gak usah pegang gadget kalian lagi, karena sekalinya kalian pegang gadget itu, maka akan menjadi candu yang akan sulit untuk berhenti memainkannya.

Baca Juga: Ternyata Warna Dinding Pengaruhi Psikologismu, Pelajari 7 Macamnya Ini

3. Meningkatkan regulasi sel dan jaringan

5 Manfaat Ilmiah Jika Kamu Menyukai Warna Hijausispitches.com

Beberapa tahun silam, sekitar 2000 SM sudah ditemukan terapi warna untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Terapi yang menggunakan beberapa spektrum warna  mampu menciptakan keseimbangan kesehatan bagi tubuh.

Hijau merupakan warna yang sangat dekat dengan alam ternyata dapat menjaga kesehatan bagi tubuh lho. Salah satu manfaat yang diterima bagi orang yang sering memandang warna ini adalah tidak mudah panik saat menerima tekanan tugas kerja yang menumpuk.

Hal lainnya yang dapat dirasakan secara tidak langsung, antara lain regulasi sel dan jaringan akan berjalan dengan lancar. Sehingga metabolisme tubuh akan selalu terjaga.

4. Membantu meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak

5 Manfaat Ilmiah Jika Kamu Menyukai Warna Hijaupxhere.com/An Min

Berbicara mengenai daya ingat, banyak orang sudah mengalami penurunan daya ingat akibat faktor usia, lingkungan maupun kebiasaan yang kurang sehat, seperti seringnya merokok. Menyukai warna hijau dapat membantu memperlambat hal tersebut terjadi terlalu dini pada tubuh kita.

Pada dasarnya otak sangat menyukai warna-wana. Dengan seringnya otak distimulus oleh warna, maka otak akan berkembang secara maksimal dan optimal, sehingga kecerdasan akan meningkat. Warna hijau ternyata dapat memperkuat koneksi antar neuron yang sudah ada.

5. Menghilangkan stres

5 Manfaat Ilmiah Jika Kamu Menyukai Warna Hijaucoloniallawn.com

Jam kantor dan tugas dari atasan yang gila-gilaan acap kali membuat bawahan merasakan stres yang berlebihan dan mengalami kejenuhan. Apabila ini terus berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama, maka akan sangat membahayakan orang yang terkait.

Salah satu upaya yang mudah dan murah tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, kamu dapat meluangkan sedikit waktumu untuk memandang warna hijau yang ada di sekelilingmu, seperti tumbuhan hijau yang ada di kantor.

Cara ini sangat ampuh dalam menurunkan hormon kortisol dan epinerphin yang merupakan penyebab stres, serta menjernihkan pikiranmu. Setelah kamu merasa normal kembali, kamu siap untuk menyelesaikan tugas dari atasanmu.

Itulah tadi fakta-fakta seputar warna hijau. Mana fakta yang buat kamu langsung berpikir "setuju banget"?

Baca Juga: 8 Psikologi Warna Baju untuk Menunjang Kariermu, Jangan Salah Pilih! 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya