TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Atlet Para-Panahan Indonesia Lolos ke Paralimpiade 2024 

Tiga atlet penuh perjuangan.

Atlet para panahan yang lolos Paralimpiade 2024. (Dok/NPC Indonesia)

Indonesia kembali meloloskan atlet ke Paralimpiade Paris 2024. Sebanyak tiga atlet para-panahan dari dua nomor perlombaan mampu merebut tiket untuk berlaga di Paralimpiade 2024.

Setelah mencetak prestasi bagus dalam Kejuaraan Dunia Para-Panahan yang berlangsung di Pilsen, Republik Ceko pada 17-23 Juli 2023.

1. Tiket masuk Paralimpiade 2024.

Atlet para panahan yang lolos Paralimpiade 2024. (Dok/NPC Indonesia)

Trio atlet para-panahan tersebut yakni Kholidin dan Setiawan yang tampil di nomor recurve men open serta Ken Swagumilang berlaga di nomor compound men open.

Meski belum berhasil menjadi yang terbaik, namun ketiga atlet tersebut mampu mencetak sejumlah torehan prestasi bagus dengan memperbaiki peringkat mereka di daftar ranking dunia dan Asia sehingga mengamankan tiket Paralimpiade 2024.

Dalam kejuaraan dunia ini, Kholidin mampu menempati peringkat keenam dunia dan berada di peringkat ketiga Asia. “Saya sangat senang bisa lolos dan membawa nama Indonesia melaju ke Paralimpiade 2024. Banyak pelajaran berharga yang bisa saya ambil dari kejuaraan ini,” kata Kholidin dalam rilis yang diterima IDN Times, Jumat (12/7/2023). 

2. Langkah Wawan sempat terhenti.

Atlet para panahan yang lolos Paralimpiade 2024. (Dok/NPC Indonesia)

Prestasi luar biasa juga diukir oleh Setiawan. Meski menempati peringkat 48 di babak kualifikasi, Setiawan membuat kejutan dengan mengalahkan mantan juara dunia, Eric Bennett dengan skor 6-4 di babak 24 besar. Sayangnya, langkah atlet berusia 20 tahun itu terhenti di babak delapan besar dunia dan memastikan peringkat empat Asia sekaligus memastikan tiket ke Paralimpiade 2024.

“Saya sedikit gugup sejak tampil di babak kualifikasi karena saya langsung melawan atlet-atlet peringkat atas. Namun berkat dukungan dan motivasi dari pelatih dan teman-teman setim sehingga muncul semangat juang dalam diri saya,” ungkap atlet yang disapa Wawan tersebut.

Berita Terkini Lainnya