Siap Tempur di Kejuaraan Beregu Asia 2020, PBSI Targetkan Juara Grup

Atlet Tiongkok dan Hong Kong dilarang tampil 

Jakarta, IDN Times - Federasi Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) menargetkan tim beregu Indonesia menjadi juara Grup A dalam Kejuaraan Beregu Asia 2020 yang akan digelar 11-16 Februari 2020 di Filipina. Mereka harus bersaing bersama India dan tuan rumah Filipina.

"Target kami untuk kejuaraan Beregu Asia, kita berharap dua-duanya (putra dan putri) bisa jadi juara grup. Sehingga lebih mudah untuk berlaga di semifinal," kata Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiarto, dilansir dari Antara, Minggu (9/2).

1. Kejuaraan Beregu Asia 2020 merupakan kualifikasi untuk Piala Thomas dan Uber

Siap Tempur di Kejuaraan Beregu Asia 2020, PBSI Targetkan Juara GrupGreysia Polii/Apriyani Rahayu bawa pulang gelar juara Indonesia Masters 2020 (IDN Times/PBSI)

Langkah Indonesia memang akan berjalan jauh lebih mudah jika menjadi juara Grup A. Menurutnya, hal itu bakal membuat Indonesia bisa berhadapan dengan lawan yang lebih ringan. Peluang Indonesia untuk lolos sampai babak final karena lawan yang dihadapi tak terlalu berat.

Kejuaraan Beregu Asia memang sangat penting bagi seluruh peserta. Maklum ajang tersebut merupakan kualifikasi untuk Piala Thomas dan Uber 2020 yang berlangsung pada 16-24 Mei 2020 mendatang. Selain itu, ajang ini juga jadi perhelatan penting bagi pemain untuk mengumpulkan pundi-pundi poin agar bisa tampil di Olimpiade Tokyo.

2. BWF tengah bernegosiasi dengan pemerintah Filipina

Siap Tempur di Kejuaraan Beregu Asia 2020, PBSI Targetkan Juara GrupBWF. bwfbadminton.com

Namun, Kejuaraan Beregu Asia 2020 ini terancam tak akan diikuti Tiongkok dan Hong Kong. Hingga berita in diturunkan, Tim bulu tangkis Tiongkok dan Hong Kong dilarang, mentas lantaran pemerintah Filipina terpaksa mengeluarkan larangan bagi pelancong dari China, Hong Kong, dan Makau untuk datang ke negara tersebut, agar menghindari risiko besar yang kemungkinan bisa terjadi lantaran wabah corona.

Federasi bulu tangkis dunia (BWF) tak sepakat dengan pemerintah Filipina. Mereka tak akan membatasi atlet-atlet dari Tiongkok untuk mengikuti pelbagai kejuaraan internasional. Sehingga, mereka terus melakukan komunikasi dengan pemerintah setempat untuk mengizinkan Tiongkok dan Hong Kong mentas di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia edisi ke-39 ini.

3. Indonesia turunkan kekuatan terbaik di Kejuaraan Beregu Asia 2020

Siap Tempur di Kejuaraan Beregu Asia 2020, PBSI Targetkan Juara GrupBadminton Indonesia

Berdasarkan hasil undian kejuaraan tersebut, tim putra Indonesia masuk di grup A bersama tuan rumah Filipina dan India. Ada pun pemain-pemain yang dibawa, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonathan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Firman Abdul Kholik pada nomor tunggal putra, serta Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Muhammad Rian/Fajar Alfian pada ganda putra.

Sedangkan, tim putri yang tampil pada Kejuaraan Beregu Asia 2020 tergabung bersama Filipina dan Thailand membawa kekuatan, tunggal putri, yakni Gregoria Marsika Tunjung, Ruselli Hartawan, Putri Kusuma Wardani, dan Choirunnisa, serta Apriyani Rahayu/Greysia Polii, Siti Fadia Ramdhani/Ribka Sugiarto, Ni Ketut Maha Dewi Istarani/Tania Oktaviani Kusuma.

Baca Juga: Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2020: China dan Hong Kong Dilarang Tampil

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya