Comscore Tracker

2 Negara Dilarang Tampil di Kejuaraan Beregu Asia, Ini Target PBSI

Namun BWF masih negosiasi agar mereka tetap bisa tampil

Jakarta, IDN Times - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menargetkan tim beregu Indonesia dapat menjadi juara Grup A dalam Kejuaraan Beregu Asia 2020. Dalam kejuaraan yang akan digelar 11-16 Februari 2020 di Filipina itu, mereka harus bersaing bersama India dan tuan rumah Filipina.

"Target kami untuk kejuaraan Beregu Asia, kita berharap dua-duanya (putra dan putri) bisa jadi juara grup. Sehingga lebih mudah untuk berlaga di semifinal," jelas Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiarto, dilansir dari Antara, Minggu (9/2).

1. Kejuaraan Beregu Asia 2020 merupakan kualifikasi untuk Piala Thomas dan Uber

2 Negara Dilarang Tampil di Kejuaraan Beregu Asia, Ini Target PBSIGreysia Polii/Apriyani Rahayu bawa pulang gelar juara Indonesia Masters 2020. IDN Times/PBSI

Langkah Indonesia memang akan berjalan jauh lebih mudah jika menjadi juara Grup A. Menurut Achmad, hal itu akan membuat Indonesia bisa berhadapan dengan lawan yang lebih ringan. Peluang Indonesia untuk lolos sampai babak final juga terbuka lebar karena lawan yang dihadapi tak terlalu berat.

Kejuaraan Beregu Asia memang sangat penting bagi seluruh peserta. Maklum ajang tersebut merupakan kualifikasi untuk Piala Thomas dan Uber 2020 yang berlangsung pada 16-24 Mei 2020 mendatang. Selain itu, ajang ini juga jadi perhelatan penting bagi pemain untuk mengumpulkan pundi-pundi poin agar bisa tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

2. BWF tengah bernegosiasi dengan pemerintah Filipina

2 Negara Dilarang Tampil di Kejuaraan Beregu Asia, Ini Target PBSIBWF. bwfbadminton.com

Sayangnya, Kejuaraan Beregu Asia 2020 terancam tak akan diikuti para pemain dari Tiongkok dan Hong Kong. Hingga berita ini diturunkan, tim bulu tangkis Tiongkok dan Hong Kong dilarang, mentas lantaran pemerintah Filipina terpaksa mengeluarkan larangan bagi pelancong dari Tiongkok, Hong Kong, dan Makau, untuk datang ke negara. Hal itu dilakukan untuk menghindari risiko besar yang kemungkinan bisa terjadi lantaran wabah virus corona.

Satu sisi, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) tak sepakat dengan pemerintah Filipina. BWF tidak akan membatasi atlet-atlet dari Tiongkok untuk mengikuti pelbagai kejuaraan internasional. Sehingga, mereka terus melakukan komunikasi dengan pemerintah setempat guna mengizinkan Tiongkok dan Hong Kong tampil di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia edisi ke-39 ini.

3. Indonesia turun dengan kekuatan terbaik di Kejuaraan Beregu Asia 2020

2 Negara Dilarang Tampil di Kejuaraan Beregu Asia, Ini Target PBSIBadminton Indonesia

Berdasarkan hasil undian kejuaraan tersebut, tim putra Indonesia masuk di grup A bersama tuan rumah Filipina dan India. Adapun pemain-pemain yang dibawa, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Jonathan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Firman Abdul Kholik pada nomor tunggal putra, serta Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Muhammad Rian/Fajar Alfian pada ganda putra.

Sedangkan, tim putri yang tampil pada Kejuaraan Beregu Asia 2020 tergabung bersama Filipina dan Thailand. Pemain yang dibawa diantaranya yakni Gregoria Marsika Tunjung, Ruselli Hartawan, Putri Kusuma Wardani, dan Choirunnisa, serta Apriyani Rahayu/Greysia Polii, Siti Fadia Ramdhani/Ribka Sugiarto, Ni Ketut Maha Dewi Istarani/Tania Oktaviani Kusuma.

Baca Juga: Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2020: China dan Hong Kong Dilarang Tampil

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya