Virus Corona Makin Menyeramkan, Agenda Olahraga Ini Batal Digelar!

MotoGP Qatar 2020 batal digelar akibat wabah virus corona

Jakarta, IDN Times - Wabah virus corona (Covid-19) yang semula merebak di Tiongkok terus meluas ke berbagai negara, mulai dari Korea Selatan, ke Benua Eropa, sampai Asia Tenggara.

Masalah itu berdampak pada beberapa agenda olahraga yang terpaksa batal untuk mengurangi risiko terdampak.

Sejauh ini, korban meninggal dunia akibat infeksi virus tersebut mencapai 3.041 orang di seluruh dunia. Penyebaran infeksi virus corona secara global mencapai 88.443 kasus. Sekitar 80.026 di antaranya berasal dari Tiongkok.

Berikut adalah beberapa agenda olahraga yang terpaksa gagal dihelat akibat penyebaran virus corona di seluruh dunia.

1. Babak kualifikasi Olimpiade 2020 cabor tinju batal digelar

Virus Corona Makin Menyeramkan, Agenda Olahraga Ini Batal Digelar!esquirame.com

Pertandingan babak kualifikasi Olimpiade cabang olahraga tinju harus ditunda. Dilansir dari NBC Sport, babak kualifikasi tinju Asia-Oceania yang dijadwalkan digelar pada 3-14 Februari 2020 mendatang terpaksa dibatalkan. Hingga sejauh ini pun belum ada jadwal pengganti setelah imbauan Pemerintah Tiongkok tersebut.

Keputusan pembatalan pertandingan diambil setelah otoritas kesehatan Tiongkok memberi tahu orang-orang di Wuhan untuk menghindari keramaian dan pertemuan publik. Hal itu dilakukan saat awal virus itu muncul, lebih dari 500 orang telah terinfeksi dan dan menewaskan 17 orang muncul Januari lalu.

Hal itu berakibat juga pada kemungkinan batalnya Olimpiade Tokyo 2020 yang bakal dihelat pada Juli-Agustus mendatang. Lantaran beberapa pihak merasa keberatan untuk ambil bagian karena memperbesar risiko tertular infeksi tersebut.

2. Turnamen futsal Piala Asia 2020 di Turkmenistan ditunda

Virus Corona Makin Menyeramkan, Agenda Olahraga Ini Batal Digelar!PSSI.org

Federasi sepak bola tertinggi Asia, AFC, resmi menunda gelaran Piala Asia Futsal di Turkmenistan yang semula dijadwalkan bakal dihelat pada 26 Februari-6 Maret 2020.

Keputusan tersebut terpaksa diambil AFC setelah melakukan rapat dengan jajaran petinggi dan para stakeholders yang berhubungan dengan kejuaraan yang digelar dua tahun sekali itu.

FC sendiri sudah mengumumkan secara resmi perihal diundurnya Piala Asia Futsal kali ini. Mereka mengunggah informasi tersebut langsung melalui media sosial Twitter resminya pada Senin (3/2).

"Langkah ini (penundaan Piala Asia Futsal) diambil lantaran kami khawatir dengan situasi terkini virus corona, keputusan ini sekaligus memastikan keamanan dan keselamatan tim-tim yang berpartisipasi," tulis AFC dalam pernyataan resminya itu.

"AFC bakal terus memantau dampak virus corona. Dan terkait tanggal turnamen, baru akan diumumkan ketika situasi sudah mulai stabil," lanjut keterangan AFC itu.

Baca Juga: Suspect dan Penderita Virus Corona Itu Beda Loh

3. Pertandingan Serie A kena imbas dari virus corona yang merebak di Italia

Virus Corona Makin Menyeramkan, Agenda Olahraga Ini Batal Digelar!uefa.com

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, memutuskan menunda beberapa laga di Serie A 2019/2020 pada pekan ke-25 pada Sabtu (22/2). Hal itu disebabkan wabah virus corona sudah menyebar di Negeri Pizza dan telah merenggut nyawa seorang warga bernama Adriano Tvevisan di wilayah Veneto. Temuan korban meninggal karena virus tersebut sudah dikonfirmasi dan diumumkan pada Jumat (21/2).

Akibatnya, tiga pertandingan Serie A terkena dampak kebijakan tersebut, di antaranya laga antara Hellas Verona vs Cagliari, Atalanta vs Sassuolo, dan Inter Milan vs Sampdoria yang terkena dampak ditundanya 42 pertandingan sepak bola, mulai dari profesional sampai amatir.

Teranyar, laga pada pekan ke-26 yang mempertemukan Derby d'Italia antara Juventus melawan Inter Milan yang sejatinya digelar pada Senin (2/3) dini hari WIB, harus kena imbasnya juga.

4. German Open 2020 batal dihelat untuk mengurangi risiko

Virus Corona Makin Menyeramkan, Agenda Olahraga Ini Batal Digelar!instagram.com/badminton.ina

Turnamen bulu tangkis German Open 2020 dibatalkan menyusul merebaknya virus corona. Semula turnamen ini akan digelar di Innogy Sporthalle, Müllheim an der Ruhr, Jerman, pada 3-8 Maret.

Dilansir dari media Jerman, Sportschau (sportschau.de), tindakan ini diambil oleh panitia mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di Jerman.

"Penyebaran virus begitu cepat dan menghindari risiko yang tak ternilai bagi atlet dan pengunjung," kata pihak penyelenggara.

Informasi mengenai pembatalan turnamen ini menjadi keputusan pihak Kota Mülheim. Pembatalan dilakukan menurut BWF sesuai dengan prosedur yang berlaku di kota tersebut terkait wabah virus corona. BWF mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut.

"Setelah saran medis dari departemen kesehatan masyarakat Mülheim dan proses pertimbangan, kami (Kota Mülheim) membatalkan acara pada waktu yang dijadwalkan," tulis BWF.

5. Larangan pemerintah terkait pelancong Italia dan daerah terdampak virus corona, MotoGP Qatar juga batal digelar

Virus Corona Makin Menyeramkan, Agenda Olahraga Ini Batal Digelar!Instagram/maverick12official

Ajang balap MotoGP di GP Qatar 2020 yang dijadwalkan dihelat pada 8 Maret mendatang jadi imbas dari merebaknya virus corona. Akun Twitter resmi MotoGP mengumumkan balapan kelas utama MotoGP tersebut tak jadi dihelat.

Batalnya seri Qatar disebabkan pemerintah Qatar yang melarang kedatangan pelancong asal Italia dan negara lain yang terkena wabah virus corona. Maklum, negara tersebut jadi negara Eropa terparah yang terdampak langsung dari virus corona lantaran berdasarkan laporan sebanyak 1.694 kasus terkonfirmasi terinfeksi dengan 34 korban jiwa.

Namun demikian, balapan di level bawah, seperti Moto2 dan Moto3, tetap akan dilangsungkan.

Baca Juga: Susul Qatar, MotoGP Seri Thailand Ditunda Gara-gara Virus Corona

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya