Comscore Tracker

Mandalika Tuan Rumah MotoGP 2021, Ini Persiapan Pemprov NTB

Masyarakat tak hanya jadi penonton

Jakarta, IDN Times - Perhelatan MotoGP 2021 Indonesia bakal menjadi satu diantara tuan rumah penyelenggaraan balap motor paling bergengsi di dunia.

Para pebalap seperti Marc Marquez, Valentino Rosi, Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales bakal beraksi di sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat. Lalu bagaimana persiapan yang telah dilakukan oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat?

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah menyebutkan Mandalika Street Circuit (Mandalika Sirkuit) di Lombok, NTB, kini sedang dipersiapkan. Selain itu, generasi millennial NTB juga sedang ditempa oleh pemerintah setempat agar dapat memajukan pariwisata NTB ke level yang lebih tinggi.

"Nanti mudah-mudahan Valentino Rossi, Marque, bukan hanya kita saksikan di layar televisi tapi bisa disaksikan langsung di Mandalika, Nusa Tenggara Barat," ujar Zulkieflimansyah dalam acara "Ngobrol Seru bareng IDN Times" di IDN Media HQ, Jakarta, Kamis, 14 November 2019.

 

Baca Juga: Bupati Lombok Tengah Pastikan MotoGP Indonesia Tetap di Mandalika

1. MotoGP cara ITDC menarik pengunjung internasional ke Lombok

Mandalika Tuan Rumah MotoGP 2021, Ini Persiapan Pemprov NTBmotogp.com

Zulkieflimansyah mengatakan Mandalika merupakan support priority destination yang dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Kolaborasi tercipta dari inovasi MotoGP yang memang mencari destinasi baru guna menarik pengunjung di bisnis mereka. Nantinya MotoGP juga akan membangun kluster bisnis lainnya seperti hotel.

ITDC menghidangkan sesuatu yang menarik pada komunitas internasional, dari titik inilah nanti MotoGP mengembangkan daya tariknya di NTB.

"Sehingga MotoGP adalah satu titik dari bisnis mereka secara integral," kata Zulkieflimansyah.

2. Lombok jadi tuan rumah MotoGP 2021, masyarakat NTB tidak boleh hanya jadi penonton

Mandalika Tuan Rumah MotoGP 2021, Ini Persiapan Pemprov NTBNgobrol Seru bareng IDN Times" di IDN Media HQ, di Jakarta, Kamis, 14 November 2019 (IDN Times/Helmi Shemi)

Jalur yang dibuat untuk balap MotoGP 2021 tidak hanya dirancang untuk balapan, tapi dapat digunakan untuk hal-hal lainnya juga.

Zulkielflimansyah mempersiapkan agar masyarakat NTB akrab pada bisnis, investasi, dan turis. Tapi, dia menegaskan, masyarakat NTB tidak hanya menjadi penonton.

Agar masyarakat NTB bisa terlibat, pemerintah membangun infrastruktur baik itu fisik maupun nonfisik seperti membangun Politeknik Pariwisata, yang mengembangkan generasi muda untuk mengelola pariwisata NTB kedepannya.

"Poltek Pariwisata meng-upgrade, capacity, kemampuan anak-anak kami untuk gak jadi penonton, sehingga betul-betul disiapkan juga SMK-SMK kami," kata Zulkieflimansyah.

3. MotoGP gelar tes pra musim di Mandalika Street Circuit

Mandalika Tuan Rumah MotoGP 2021, Ini Persiapan Pemprov NTBGubernur NTB Zulkieflimansyah (IDN Times/Sunariyah)

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia (ITDC) akan menjamu tes pra-musim MotoGP 2021 di Mandalika Street Circuit (Mandalika Sirkuit), Lombok, NTB.

Saat ini NTB tengah mempersiapkan momen internasional tersebut dengan membangun Mandalika Sirkuit di kawasan pariwisata The Mandalika, Lombok, NTB.

https://www.youtube.com/embed/Sumy11LUBZk

Baca Juga: VIDEO: Desain Ciamik Sirkuit Mandalika Lombok, Tuan Rumah MotoGP 2021?

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya