Comscore Tracker

Jarang Diketahui! Inilah 8 Fakta Ratu Tisha Sekjen Wanita Pertama PSSI

Mengundurkan diri setelah tiga tahun jadi Sekjen

Ratu Tisha Destria resmi mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI terhitung sejak Senin (13/4). Ratu Tisha menyampaikan pengunduran dirinya melalui Instagram, selain melalui media sosial surat pengunduran dirinya juga telah disampaikan ke pengurus PSSI. 

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan terkait mundurnya Ratu Tisha pada Senin dirinya menghargai keputusan tersebut. 

"Saya menghargai keputusan dari saudari Ratu Tisha. PSSI mengucapkan terima kasih kepada Ratu Tisha atas pengabdiannya sebagai Sekjen,” kata pria yang kerap disapa Iwan Bule tersebut.

Menurut pengakuan Iwan Bule, perempuan asal Jakarta itu sudah melayangkan surat resmi terkait hal itu. Dia juga sudah mengumumkan pengunduran diri melalui media sosialnya.

 Ratu Tisha menjabat sebagai Sekjen PSSI periode 2017-2020. Ratu Tisha menggantikan Ade Wellington yang mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Terpilihnya Ratu sempat jadi perbincangan hangat karena ia menjadi Sekjen PSSI perempuan pertama sepanjang sejarah.

Dan tentunya bukan tanpa alasan PSSI memilih Ratu untuk duduk di kursi Sekjen. Ratu Tisha Destria sendiri tenyata bukan nama baru dalam dunia persepakbolaan. Yuk simak fakta-faktanya berikut.

Baca Juga: Mochamad Iriawan Mulai Rezim Baru PSSI, Nasib Ratu Tisha Belum Jelas

1. Sampaikan pengunduran diri melalui Instagram

Dalam akun Instagram pribadinya, Ratu Tisha mengunggah sebuah video dilengkapi sebuah keterangan yang cukup panjang.

"Dear friends, Hari ini melalui surat, saya telah resmi mengundurkan diri dari posisi Sekretaris Jenderal PSSI. Saya bersyukur pernah meraih kesempatan bekerja untuk melayani Anggota PSSI, pemain, pelatih, wasit, match commissioner, instruktur, dan para pecinta sepakbola sejak 17 Juli 2017," tulis Ratu Tisha dalam unggahannya itu. ⠀

2. Ratu Tisha tertarik sepakbola sejak bangku SMA

Jarang Diketahui! Inilah 8 Fakta Ratu Tisha Sekjen Wanita Pertama PSSIviral.kincir.com

Saat SMA, Tisha terlibat dalam membangun tim sepak bola sekolahnya dan sekaligus menjabat sebagai manajer. Ia semakin tertarik dengan sepak bola setelah mengikuti pertukaran antarbudaya AFS di Leipzig Jerman, di mana masyarakat lokal sangat menyukai sepak bola dan ia juga sempat belajar manajemen olahraga di sana.

3. Merupakan lulusan Matematika ITB.

Jarang Diketahui! Inilah 8 Fakta Ratu Tisha Sekjen Wanita Pertama PSSIimgrum.net

Tisha memilih jurusan Matematika karena Tisha yakin dengan pilihannya tersebut dan juga tahu bahwa angka-angka berhubungan dengan olahraga, khususnya sepak bola. Tisha lulus pada tahun 2008 dan langsung menerima tawaran bekerja pada jasa perminyakan Schlumberger, namun keluar 4 tahun kemudian dan lebih memilih fokus untuk membesarkan labBola.

4. Pernah menjadi Manajer Tim PS ITB.

Jarang Diketahui! Inilah 8 Fakta Ratu Tisha Sekjen Wanita Pertama PSSIgoal.com

Tidak hanya menjadi manajer yang hanya mengurusi persiapan bertanding, Tisha juga menyusun data klub, jadwal latihan, serta kalender pertandingan dari klubnya hingga tim PS ITB sempat mendapatkan promosi ke divisi utama.

5. Co-Founder LabBola.

Jarang Diketahui! Inilah 8 Fakta Ratu Tisha Sekjen Wanita Pertama PSSIbandung.pojoksatu.id

Saat akhir masa kuliah, Tisha dan teman-temannya membangun bisnis LabBola yang bergerak di bidang statistik olahraga khususnya sepak bola. LabBola menawarkan jasa penyediaan data statistik performa tim di mana data tersebut bisa digunakan untuk membantu tim mengajukan proposal kepada sponsor.

6. Lulusan FIFA Master 2013.

Jarang Diketahui! Inilah 8 Fakta Ratu Tisha Sekjen Wanita Pertama PSSIsumber.com

Dari 6400 pendaftar, Tisha berhasil menjadi salah satu dari 28 peserta yang diterima dan berhasil meraih gelar Master of Art serta meraih peringkat ke-7 dari 28 siswa. Program FIFA Master sendiri diselenggarakan oleh International Centre for Sports Studies yang menggandeng beberapa universitas dan mempelajari tentang Sport Humanity, Manajemen Olahraga, dan Hukum Olahraga.

7. Menjadi Direktur Kompetisi dan Regulasi PT Gelora Trisula Semesta.

Jarang Diketahui! Inilah 8 Fakta Ratu Tisha Sekjen Wanita Pertama PSSIbola.com

Pada 2016 lalu, PT Gelora Trisula Semesta menjadi operator turnamen Torabika Soccer Championship (TSC) yang menjadikan Tisha sebagai Direktur Kompetisi dan Regulasi pada acara tersebut. Peran besar Tisha dalam melahirkan konsep TSC ini membuat Tisha mudah mendapat kepercayaan dan hormat dari anggota asosiasi provinsi dan pengurus klub Tanah Air.

8. Menguasai lima bahasa asing.

Jarang Diketahui! Inilah 8 Fakta Ratu Tisha Sekjen Wanita Pertama PSSItagar.id

Tak cuma jago berhitung, Tisha pun memiliki kemampuan lima bahasa selain Bahasa Indonesia, yaitu Bahasa Inggris, Jepang, Jerman, Belanda dan Italia, sesuai dengan kriteria yang diungkapkan oleh Ketum PSSI.

Namun kini Ratu Tisha Destria memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal PSSI, apapun pilihannya sukses untuk Ratu Tisha  

Baca Juga: Terima Pengunduran Diri Ratu Tisha, PSSI Siap Rapat Cari Penggantinya

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Emha di IDN Times Community dengan judul Jadi Sekjen Perempuan Pertama PSSI, Ini 7 Fakta Ratu Tisha Destria

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya