Kalah Beruntun, Pelatih PSIS Semarang Akhirnya Dipecat

Target sapu bersih laga kandang tidak tercapai

Semarang, IDN Times - Manajemen PSIS Semarang memberhentikan pelatih kepala Jafri Sastra menyusul kekalahan beruntun dalam laga kandang. Kontrak pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu tidak diperpanjang.

Seperti diketahui, PSIS menelan kekalahan saat melawan Persib Bandung (0-1), PS Tira Persikabo (0-2), dan terakhir dengan Persipura Jayapura (1-3).

Total, selama 10 kali bertanding di kompetisi Liga 1 2019, PSIS Semarang hanya berhasil menang dua kali dan empat kali imbang. Sisanya empat kali kalah.

Baca Juga: Kalah Lagi, CEO PSIS Ancam Potong Gaji Pemain, Ofisial, dan Manajemen

1. Pemecatan juga atas pertimbangan suporter juga

Kalah Beruntun, Pelatih PSIS Semarang Akhirnya Dipecattwitter.com/psisfcofficial

Pemberhentian Jafri Sastra disampaikan oleh Komisaris PT Mahesa Jenar Semarang, Kairul Anwar. Sebelumnya manajemen juga telah melakukan evaluasi kepada pelatih dan pemain.

"Kita ada di posisi yang sangat sulit, beberapa pertandingan home kita menelan kekalahan. Untuk pelatih, kita sudah memanggil coach Jafri Sastra tadi pagi (Kamis, 8 Agustus 2019) dan dari manajemen memutuskan untuk memberhentikan beliau sebagai pelatih kepala PSIS Semarang," kata Kairul sebagaimana dikutip dari laman resmi PSIS Semarang, Kamis (8/8).

Pertimbangan lain pemberhentian Jafri Sastra, imbuh Kairul, salah satunya juga dengan melihat aksi suporter. Namun, keputusan tersebut tidak hanya dilihat dari aksi suporter saja, melainkan evaluasi secara keseluruhan.

2. Target awal Jafri Sastra tidak tercapai

Kalah Beruntun, Pelatih PSIS Semarang Akhirnya Dipecattwitter.com/psisfcofficial

Secara umum, evaluasi berdasarkan belum tercapainya target sesuai komitmen awal. Manajemen menargetkan untuk menyapu bersih laga kandang pada musim ini.

"Kita di awal komitmen, menargetkan untuk sapu bersih laga kandang, kalau memang ada lawan yang berat, paling tidak kita bisa imbang. Tapi ternyata targetnya meleset. Tidak ada yang salah dengan Jafri, cuma karena target meleset, kita dari manajemen tentu ambil tindakan," jelas Kairul.

Manajemen PSIS juga mengucapkan terima kasih atas jasa kepemimpinan Jafri Sastra sebagai pelatih kepala selama 12 pertandingan, selama bergulirnya kompetisi.

"Kami juga sampaikan terima kasih kepada beliau karena atas perjuangan beliau, kita di musim kemarin bisa bertahan di Liga 1," ujar Kairul.

3. Sementara waktu ditangani caretaker

Kalah Beruntun, Pelatih PSIS Semarang Akhirnya Dipecatliga-indonesia.id

Ke depannya, PSIS akan ditangani oleh caretaker sembari mencari pelatih yang sesuai dengan gaya bermain Laskar Mahesa Jenar. Mereka di antaranya adalah Widyantoro, M Ridwan, dan Bambang Nurdiansyah.

Manajemen PSIS tidak ingin gegabah dalam mengambil keputusan.

"Kalau siapa nanti pelatih kepalanya, kita belum bisa sampaikan. Tetapi, yang pasti ada. Kita tidak ingin gegabah dalam mengambil keputusan," tutur Kairul.

Baca Juga: Ditekuk Persipura, Pelatih PSIS: Dua Laga Terakhir Jadi Beban Mental

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya