September 2019, Stadion Manahan Solo Diresmikan 

Persis Solo Akan Jadikan Home Base

Surakarta, IDN Times - Saat ini pembangunan Stadion Manahan Solo terus dikebut. Rencananya stadion berfasilitas internasional standar FIFA itu digunakan secara perdana, sebagai tempat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), 9 September 2019 mendatang.

Stadion juga akan diresmikan pada acara tersebut.

Baca Juga: [FOTO] Penampakan Terbaru Stadion Manahan Solo, Kayak di Luar Negeri

1. Stadion siap digunakan pada awal September 2019

September 2019, Stadion Manahan Solo Diresmikan ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Rencana pemakaian Stadion Manahan untuk Haornas 2019 didapat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Seperti dilansir kantor berita Antara, menjelang persiapan acara, Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo menyempatkan diri untuk meninjau perkembangan realisasi pembangunan stadion.

Pihak pelaksana proyek menyatakan kesiapannya apabila stadion akan digunakan untuk Haornas 2019.

"Untuk 'Landscape' memang belum selesai, tetapi untuk stadionnya sudah siap diresmikan dan digunakan pada acara peringatan Haornas," kata Rudi, saat dikutip dari kantor berita Antara, pada Senin (5/8).

2. Hampir 100 persen selesai

September 2019, Stadion Manahan Solo Diresmikan ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Saat ini, realisasi pembangunan Stadion Manahan sudah mencapai 87,2 persen. Namun masih terdapat sejumlah kekurangan. Seperti belum adanya daya listrik.

"Harapannya bisa dilakukan uji coba, termasuk lampu penerangan stadion," imbuh Rudi.

Ia berharap, dengan selesainya pengerjaan stadion, bisa digunakan terlebih dahulu untuk uji coba, sebelum 17 Agustus 2019.

3. Akan digunakan Persis Solo

September 2019, Stadion Manahan Solo Diresmikan twitter.com/PEMKOT_SOLO

Rudi menjelaskan dengan rampungnya pengerjaan Stadion Manahan, klub Persis Solo yang ikut kompetisi Liga 2 2019, bisa menggunakannya sebagai home base dan berprestasi di kancah liga domestik.

"Kami sebagai rakyat Solo harus mendukung Persis Solo supaya bisa berbicara di Liga 1 Indonesia ke depannya," jelas Rudi.

Disinggung mengenai kantor-kantor cabang olahraga yang sebelumnya berada di sekitar stadion, Rudi menegaskan stadion akan dikembalikan fungsinya sebagai sarana olahraga.

"Stadion akan bersih dari bangunan kantor-kantor (cabor) itu," ungkapnya.

Baca Juga: Stadion Jatidiri Semarang Mangkrak, Ini Penjelasan CEO PSIS Semarang

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya