Jadwal Siaran Langsung Timnas U-22 vs Vietnam di SEA Games 2019

Timnas U-22 butuh kemenangan untuk geser Vitnam di Grup B

Jakarta, IDN Times - Timnas U-22 kembali bakal beraksi untuk tampil ketiga kalinya pada laga Grup B SEA Games 2019 melawan Vietnam di Stadion Rizal Memoriam pada Minggu (1/12). Skuat Garuda wajib menang jika ingin rebut singgasana dari Vietnam.

Sejauh ini, Timnas U-22 memang masih berada di bawah calon lawannya tersebut di klasemen sementara Grup B. Sudah mengoleksi enam poin, Egy Maulana Vikri dan kolega masih kalah jauh dalam urusan mencetak gol karena baru empat kali menceploskan bola ke gawang lawan.

Sebaliknya, Vietnam begitu digdaya dalam dua laga awal. Mereka selalu meraih kemenangan besar atas lawan-lawannya itu. Pertama, jungkalkan Laos 6-1 pada pertandingan pertama. Dan, tekuk Brunei Darussalam 6-0 di laga kedua.

1. Indra Sjafri siap lakukan adu strategi dengan pelatih Vietnam untuk meraih hasil maksimal

Jadwal Siaran Langsung Timnas U-22 vs Vietnam di SEA Games 2019Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Melihat performa calon lawannya tersebut, pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri memprediksi duel nanti bakal berjalan sengit. Kedua tim sama-sama sudah mengantongi dua kemenangan dan tengah berupaya mengambil banyak kemenangan untuk memastikan satu tiket ke babak selanjutnya pada ajang SEA Games edisi ke-30 ini.

Segala macam persiapan, mulai dari analisis kekuatan Vietnam. Hingga cara mengantisipasi calon lawannya pun sudah Indra berikan untuk bekal anak asuhnya. Sehingga hasil positif bisa diraih para penggawa Timnas U-22 dalam duel nanti.

"Tentu kami sudah siap untuk adu strategi dan taktik. Yang paling penting, pemain harus fokus dan tidak membuat banyak kesalahan. Seperti halnya kita, Vietnam pun pasti sudah mempelajari gaya permainan Indonesia. Mudah-mudahan kita tampil sebagai pemenang," kata Indra dalam rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Sepak Bola Hari Minggu

2. Timnas U-22 harus waspadai dua penyerang subur Vietnam

Jadwal Siaran Langsung Timnas U-22 vs Vietnam di SEA Games 2019Pemain Vietnam, Ha Duc Chin sudah mengoleksi empat gol bagi Vietnam di SEA Games 2019. hzing.vn

Yang patut diwaspadai oleh Timnas U-22 tentu kesuburan lini serang lawan. Bagaimana tidak, sejauh ini merak berhasil menyarangkan lebih dari lima gol per laga. Jika dirinci, rata-rata gol Vietnam per pertandingan adalah enam.

Sorotan tentu tertuju pada dua striker muda Vietnam dan satu gelandang seniornya. Maklum, mayoritas gol yang diciptakan Vietnam dalam dua laga terakhir lahir dari kaki mereka, dengan rincian Ha Duc Chinh empat gol, Tien Linh tiga gol, dan dua gol berhasil diciptakan pemain berusia 30 tahun, Nguyen Trong Hoaang.

Sudah jelas, jika Indra wajib mematikan tiga mesin gol milik lawannya. Namun, tak perlu terlalu berlebihan. Asalkan Kuartet bek, Firza Andika, Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo, dan Asnawi Mangkualam mampu tampil disiplin, plus Nadeo Argawinata tetap sigap menjaga gawangnya, tetap sulit bagi lawan sekaliber penyerang Vietnam untuk membobol gawang Timnas U-22.

3. Pelatih Vietnam sebut anak asuhnya lemah mengantisipasi bola mati

Jadwal Siaran Langsung Timnas U-22 vs Vietnam di SEA Games 2019Pelatih Vietnam, Park Hang Seo. the-afc.com

Di sisi lain, pelatih Vietnam, Park Hang-seo masih berpikir keras agar timnya bisa segera memperbaiki kelemahannya. Walau lini serang tampil oke, pertahanan Vietnam dianggap Hang-seo masih menunjukkan kesalahannya.

Terbukti, satu gol berhasil diciptakan Laos pada laga sebelumnya.

Vietnam bobol lewat bola mati. Hal itu terjadi, kata Hang-seo, lantaran pemainnya yang tak bisa mengantisipasi dengan baik set piece lawan. Selain itu, performa lini belakang Vietnam juga dianggap tak memuaskan sepanjang laga.

"Penyerang Indonesia punya kemampuan bagus dalam memanfaatkan ruang di kotak penalti. Gol Indonesia lawan Thailand berawal dari set piece dan diakhiri dengan gol. Skema itu ditakuti oleh Vietnam," ujar Hang-seo.

4. Perkiraan susunan pemain Timnas U-22 vs Vietnam

Jadwal Siaran Langsung Timnas U-22 vs Vietnam di SEA Games 2019Timnas U-22 saat tampil di turnamen Piala AFF U-22 Februari lalu. Dok. PSSI

Hal itu tentu sedikit membuat Timnas U-22 memiliki kans mencetak gol lewat sepakan bebas dalam duel nanti. Namun, dari mana pun peluang yang bisa diciptakan, Timnas U-22 harus bisa semaksimal mungkin memanfaatkannya untuk menjadi gol.

 

Perkiraan susunan pemain Timnas U-22 vs Vietnam:

Indonesia U-22 (4-2-3-1): Nadeo Arga Winata; Firza Andika,  Andy Setyo Nugroho, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam Bahar; Zulfiandi, Syahrian Abimanyu; Evan Dimas Darmono; Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri; Muhammad Rafli.

Vietnam U-22 (4-4-2): Bui Tien Dung; Do Thanh Thinh, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Huynh Tan Sinh; Le Ngoc Bao, Nguyen Trong Hung, Nguyen Hoang Duc, Truong Van Thai Quy; Tien Linh, Ha Duc Chinh.

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: Klasemen Sepak Bola SEA Games Grup B: Indonesia Tempel Ketat Vietnam!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya