Jadi Lapangan Standart FIFA, Ini Harga Sewa Stadion Manahan Solo

Bisa mencapai Rp100 juta rupiah.

Surakarta, IDN Times - Harga sewa lapangan Stadion Manahan dan Lapangan pendukung di Kota Solo secara resmi sudah keluar. Harga sewa tersebut tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 2 Tahun 2022.

Dalam Perwali tertulis mengatur sejumlah tarif retribusi penggunaan tempat rekreasi dan Olahraga yang dikelola oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Solo.

Kepala Dispora Solo, Joni Hari Sumantri mengatakan jika besaran harga sewa tersebut sesuai dengan standar yang ada saat ini, dimana Stadion Manahan telah selesai direvitalisasi dan memiliki stadion bertaraf internasional dengan jumlah kursi penonton lebih dari 20.000 ribu kursi.

"Sudah standar internasional, karena memang buat persiapan piala dunia," katanya Sabtu (26/2/22).

Lebih labih lanjut, Joni mengatakan jika tarif sewa lapangan Stadion Manahan yang digunakan baik pagi atau siang hari, memiliki tarif yang berbeda. Pada malam hari biaya akan lebih tinggi karena menggunakan lampu yang dibebankan pada penyewa.

"Perawatan lapangan juga tidak murah. Ini yang harus menjadi perhatian, pastinya harus rutin dilakukan," imbuhnya.

Berikut harga sewa lapangan Stadion Manahan, Solo saat ini;

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Ditunda, PKL Stadion Manahan Malah Gembira

1. Harga untuk sewa latihan satu tim

Jadi Lapangan Standart FIFA, Ini Harga Sewa Stadion Manahan SoloLaga uji coba stadion Manahan, Solo.IDNTimes/Larasati Rey

Untuk latihan satu tim di Stadion Manahan membagi dua waktu, yakni untuk waktu pagi biaya sewanya mencapai Rp8.413.000 dengan durasi 3 jam.

Sedangkan latihan sore seharga Rp9.815.000 untuk waktu 3 jam buat satu tim dan satu kali main.

2. Harga sewa untuk laga ujicoba dua tim

Jadi Lapangan Standart FIFA, Ini Harga Sewa Stadion Manahan SoloANTARA FOTO/Maulana Surya

Untuk laga uji coba, lapangan rumput hijau tersebut ditarif biaya sewa sebesar Rp 11.217.000 untuk waktu pati, tarif tersebut berlaku untuk dua tim dengan waktu 3 jam. Ujicoba ini tanpa penonton dengan fasilitas ruang ganti pemain.

Untuk ujicoba sore atau malam sebesar Rp 12.339.000 dengan waktu 3 jam buat dua tim. Ujicoba digelar tanpa penonton dengan fasilitas ruang ganti pemain.

3. Harga sewa uji coba nasional non komersil.

Jadi Lapangan Standart FIFA, Ini Harga Sewa Stadion Manahan SoloPertandingan PSIS Semarang melawan Persipura Jayapura di laga Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (11/12/2021). (dok. PSIS Semarang)

Untuk uji coba nasional, internasional (non komersial) pagi biaya sewa sebesar Rp 30.754.000 dengan waktu 3 jam. Biaya tersebut untuk dua tim, dan termasuk termasuk fasilitas ruangan-ruangan.

Sedangkan ujicoba nasional, internasional yang digelar sore atau malam biayanya sebesar Rp 30.754.000 dengan waktu 3 jam buat dua tim. Ini termasuk fasilitas ruangan-ruangan.

4. Harga sewa uji coba nasional komersil

Jadi Lapangan Standart FIFA, Ini Harga Sewa Stadion Manahan SoloANTARA FOTO/Maulana Surya

Pertandingan ujicoba nasional dan internasional (komersil) yang digelar pagi sebesar Rp 46.970.000 dengan waktu 3 jam. Pertandingan bisa digelar dengan kehadiran penonton buat dua tim dan fasilitas ruangan-ruangan.

Sedangkan ujicoba nasional dan internasional (komersil) yang digelar sore atau malam biaya sewanya Rp 46.970.000 waktu 3 jam dan bisa dihadiri penonton.

5. Biaya sewa pertandingan nasional

Jadi Lapangan Standart FIFA, Ini Harga Sewa Stadion Manahan SoloPara pemain PSM Makassar merayakan gol yang dicetak Serif Hasic (tengah) dalam laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/22 kontra PSS Sleman di Stadion Manahan Solo, Jumat 18 November 2021. (LigaIndonesiaBaru.com)

Untuk pertandingan nasional pagi biayanya mencapai Rp 70.455.000 dengan waktu maksimal 3 jam buat dua tim.

Sedangkan pertandingan nasional yang digelar sore atau malam biayanya Rp 70.455.000 buat dua yim dengan waktu maksimal 3 jam.

Jumlah tersebut sudah termasuk fasilitas ruangan-ruangan. Biaya penggarisan lapangan dan biaya listrik dibebankan kepada pengguna.

6. Harga sewa pertandingan internasional

Jadi Lapangan Standart FIFA, Ini Harga Sewa Stadion Manahan Soloinstagram.com/adhimanahan

Pertandingan internasional pagi biaya sewanya Rp 75.488.000 buat dua tim dengan waktu maksimal 3 jam.

Untuk pertandingan internasional yang digelar sore atau malam biaya sewanya Rp 75.488.000 buat dua tim dengan waktu maksimal 3 jam.

7. Harga paket

Jadi Lapangan Standart FIFA, Ini Harga Sewa Stadion Manahan SoloANTARA FOTO/Maulana Surya

Sementara untuk paket nasional pagi, sore, dan malam biayanya mencapai Rp93.940.000. Sedangkan paket internasional pagi, sore, dan malam biayanya sebesar Rp100.605.000.

Baca Juga: Fasilitas Ruang Ganti Stadion Manahan Solo Rusak, Gibran: Rasah Ribut!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya